3 Tips Menciptakan Keluarga Tangguh Di Rumah

Dalam kehidupan rumah tangga, menciptakan dan membangun sebuah kebahagiaan, keharmonisan, dan ketangguhan dalam menjalankan cobaan serta rintangan yang ada adalah hal yang harus dilakukan. Karena keluarga yang bersatu dan kuat, akan bisa menghadapi setiap cobaan dan rintangan yang datang pada seluruh anggota atau salah satu anggota. Entah itu anak atau orang tua. Family yang tangguh, bisa menghadapi setiap rintangan yang ada dalam rumah tangga mereka. Seluruh anggota akan menyelesaikan setiap masalah dengan baik dan tidak saling menyalahkan. Mereka juga saling menguatkan. Jika ada yang tumbang, maka anggota lain juga menyemangati.

Jika salah satu anggota family ada yang memiliki masalah, dia akan menyelesaikannya sendiri terlebih dahulu jika dia mampu tanpa memberi tahu permasalahan tersebut kepada anggota lain sebelum masalah yang dia hadapi selesai. Jika memang tidak bisa menyelesaikannya sendiri, maka dia akan memerlukan bantuan anggota yang lain. Anggota family yang lain juga turut membantu memecahkan dan menyelesaikan masalah tersebut.

Lalu bagaimana cara menciptakan dan menumbuhkan family yang tangguh, terutama untuk anak-anak? Agar mereka juga tidak menjadi seorang yang mudah putus asa dalam menghadapi cobaan yang akan menimpanya nanti. Yuk simak dan terapkan ulasan berikut ini untuk menciptakan dan menumbuhkan jiwa tangguh kepada seluruh anggota family!

1.    Penanaman Mental

Tips pertama yang perlu kamu lakukan adalah penanaman psikologis yang baik untuk anak-anak kamu. Lebih tepatnya pada penanaman mental yang kuat dan baik untuk mereka. Karena anak sangat rentan dengan trauma, depresi, dan stres jika suasana dan keadaan rumah yang kacau serta berantakan. Jika anak sering mendengar orang tuanya bertengkar, orang tua sering berlaku kasar kepadanya, ayah yang memukul ibu atau saudaranya, dan hal negatif lainnya. itu bisa membuat mental dan psikologis mereka terganggu.

Oleh sebab itu, kamu menjadi orang tua, harus memberikan suasana yang terbaik di istana kecil kalian yang kamu dan pasanganmu bangun dalam ikatan dan sumpah suci yang menjadikan hukum serta agama menjadi saksi hubungan kalian. Jika kamu bertengkar istri atau suamimu, maka pergilah ke kamar dan jangan lupa menutup pintunya. Atau kamu bisa menyelesaikan pertengkaranmu dengan istri atau suami ketika tidak ada anak-anakmu. Berikan kasih sayang kepada anak-anak untuk menjalani pertumbuhan dan perkembangan mental mereka yang bagus. Ajari anak-anakmu mengendalikan emosi mereka masing-masing.

Baca Juga: Tahukah Kamu tentang Resiko Psikososial dan Stres di Tempat Kerja

2.    Kekuatan Secara Fisik

Orang tua juga harus menciptakan dan menumbuhkan fisik yang kuat dan bagus untuk anak-anak kamu. Dengan memberikan asupan gizi dan nutrisi kepada anak kamu yang baik serta seimbang, maka akan anak anda akan menjadi anak yang memiliki perkembangan fisik yang bagus. Tidak hanya itu, memberikan nutrisi dan asupan gizi yang seimbang dan sesuai akan membuat perkembangan otak dan kreativitas anak juga bagus. Jadi, jika kamu menginginkan fisik serta kecerdasan otak anak-anak kamu memiliki tumbuh kembang yang baik, maka kamu juga harus memberikan nutrisi dan asupan gizi yang baik dan seimbang untuk tumbuh kembangnya.

3.    Penanaman Tingkah Laku

Tips terakhir yang menciptakan family yang tangguh adalah dengan menanamkan tingkah laku positif untuk anak-anak kamu. Karena setiap lingkungan yang berbeda, maka akan memberikan pengaruh yang berbeda pula. Untuk saat ini di era modern, lingkungan sosial media memberi pengaruh positif dan negative. Untuk menciptakan ketangguhan dalam diri anak-anak kamu, kamu harus mengontrol dan menyaring apa hal apa saja yang berbau positif agar tumbuh kembang perilaku anak kamu baik. Di lingkungan sekitar rumah, di sekolah, dan lingkungan lain yang di jelajahi anak kamu harus kamu control agar anak kamu bisa tumbuh dengan memiliki tingkah laku yang baik pula.

Untuk kamu yang saat ini sedang galau atau memiliki masalah kehidupan terkait dengan psikologi, #tanyakakrani. Hubungi kontak person Kak Rani (Maharani K., M. Psi), Psikolog Klinis Dewasa dan Anak yang sangat professional. Kamu akan mendapatkan berbagai jawaban dan solusi atas semua kegundahan yang sedang kamu rasakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here