5 Tips Agar Anak Tenang Saat Ikut Pergi Berbelanja

Ketika berbelanja seseorang juga butuh fokus dengan apa yang akan dibeli, terutama jika keperluan yang akan dibeli cukup banyak. Biasanya jika orang tua pergi berbelanja, anak kamu pasti ingin ikut berbelanja. Sebelum berangkat berbelanja, dia pasti akan merengek dan memaksa kamu untuk mengajaknya. Namun ketika dia sudah merasa capek, jenuh, bosan, karena terlalu lama menunggu dan mengikutimu pergi memilih-milih dan mencari keperluan yang ingin kamu beli. Dia pasti akan merengek rewel meminta untuk mengajak kembali pulang. Nah, pastinya kamu sebagai orang tua begitu risih dan kesal saat putra putrimu mulai rewel saat ikut belanja. Karena yang awalnya semangat untuk ikut, pada akhirnya rewel juga. Sedangkan kamu harus fokus dengan belanjaan agar tidak ada yang tertinggal.

Lalu, bagaimana cara agar putra putri kamu tidak rewel dan tenang saat ikut kamu berbelanja? Yuk simak dan terapkan ulasan berikut ini!

1.    Membuat Peraturan

Tips pertama yang perlu kamu lakukan agar putra putrimu tenang saat ikut berbelanja adalah dengan cara membuat peraturan dan kesepakatan kepada mereka. Buatlah peraturan, jika mereka rewel saat ikut berbelanja, maka mereka akan mendapatkan konsekuensi atau hukuman yang telah kamu berikan. Tidak hanya itu, mintalah putra putrimu menyepakati peraturan dan konsekuensi yang telah di buat. Hal tersebut berfungsi untuk mencegah mereka rewel di pusat perbelanjaan.

2.    Memberikan Kesibukan

Dengan memberikan kesibukan kepada putra putrimu saat dia ikut belanja adalah salah satu cara yang lumayan ampuh agar mereka tenang dan tidak rewel. Berikanlah mereka kesibukan dengan cara membantu anda mencari kebutuhan yang akan kamu beli. Namun, hal ini berlaku untuk putra putri kamu yang sudah agak besar. Misalnya sudah menginjak umur 8 tahun. Mintalah mereka membantu mengambilkan barang yang kamu butuhkan dan letaknya tidak jauh dari jangkauanmu. Agar kamu juga masih bisa mengawasinya.

Baca Juga: Ketahui Lebih tentang 5 Tips Bahagia Menginjak Usia Dewasa

3.    Berikanlah Reward Jika Berhasil Tenang

Tips selanjutnya yang pasti disenangi oleh putra putrimu adalah dengan memberikan reward kepada mereka ketika mereka berhasil berperilaku baik, tenang, dan tidak rewel saat ikut kamu berbelanja.

4.    Menjauh dari Suasana Ramai

Berbelanja dengan suasana yang tidak ramai, pastinya akan terasa lebih tenang dan fokus. Oleh sebab itu, cobalah berbelanja pada saat orang lain sibuk dengan pekerjaannya. Biasanya, supermarket akan sedikit sepi di saat pagi atau sore hari. Karena di pagi hari, mereka yang bekerja sibuk dengan tugasnya. Ketika sore, mereka masih bersiap untuk pulang ke rumah masing-masing. Jadi, ajaklah putra putrimu berbelanja di ke dua waktu tersebut untuk menghindari rewel.

5.    Mengerti dengan yang Mereka Butuhkan

Pastinya, putra putrimu memiliki keinginan membeli atau melakukan sesuatu ketika mereka ikut kamu berbelanja. Nah, sudah sepatutnya kamu sebagai orang tuanya mengerti apa yang mereka butuhkan. Misalnya, jika pasta gigi mereka habis dan mereka ingin membelinya. Maka belikanlah mereka pasta gigi agar mereka tidak rewel. Yang namanya supermarket sudah pasti banyak camilan yang putra putrimu sukai. Belikanlah mereka camilan yang mereka suka biar mereka senang dan merasa bahwa kamu memang perhatian dengan mereka.

Untuk kamu yang saat ini sedang galau atau memiliki masalah kehidupan terkait dengan psikologi, #tanyakakrani. Hubungi kontak person Kak Rani (Maharani K., M. Psi), Psikolog Klinis Dewasa dan Anak yang sangat professional. Kamu akan mendapatkan berbagai jawaban dan solusi atas semua kegundahan yang sedang kamu rasakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here