Cara makan anak hari ini dapat berdampak besar pada kesehatannya saat mereka menginjak masa remaja dan dewasa. Makan makanan yang mengandung nutrisi penting membantu anak tumbuh, dan penting untuk perkembangan mental dan fisik anak.

Dengan memberi anak makanan seimbang yang sehat, kamu dapat memastikan bahwa mereka mendapatkan semua vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya. Dimana hal tersebut sangat dibutuhkan anak untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat. Nutrisi tertentu diperlukan karena berbagai alasan. Beberapa nutrisi yang perlu diperhatikan adalah:

  1. Kalsium dan Vitamin D: Penting untuk pertumbuhan dan perkembangan normal tulang pada anak-anak.
  2. Zat besi: Mendukung perkembangan kognitif normal pada anak-anak.
  3. Vitamin D: Membantu mendukung sistem kekebalan tubuh.
  4. Omega-3 DHA mendukung fungsi otak normal.

Pastinya kamu sebagai seorang ibu sangat susah hati jika anakmu sulit untuk makan.  Jangan sampai kamu membiarkan masalah tersebut berkelanjutan. Karena jika hal seperti itu dibiarkan anak tidak akan mendapatkan nutrisi yang seimbang. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Simak tips-tips berikut ini!

1. Jangan Terlalu Memaksakan

Banyak dari orang tua yang menggunakan cara memaksa anaknya agar mau makan, namun cara seperti itu bukanlah cara yang efektif untuk digunakan. Coba anda tanyakan dan bersikaplah tenang kepada anak, apa alasannya tidak mau makan. Apakah karena makanan yang anda berikan adalah makanan yang tidak di sukai anak? Atau anak memiliki alasan lain.

2. Terapkan Pola Makan Yang Teratur

Tips selanjutnya untuk mengatasi anak yang susah makan adalah dengan memberikan makanan secara teratur kepada anak. Cobalah menyiapkan makanan untuk anak, sesuai dengan waktu makan yang telah anda tentukan. Lambat laun anak pasti memahami bahwa di setiap jam tertentu akan ada makanan yang disiapkan di meja makan. Secara tidak langsung, jika anak merasa perutnya lapar anak akan menuju meja makan untuk mencari makanan yang sudah anda persiapkan.

Baca Juga: Bingung Bagaimana Memanage Sistem Keuangan Rumah Tangga?

3. Siapkan Menu Yang Berbeda Setiap Harinya

Anak-anak cenderung memiliki sifat mudah cepat bosan.  Oleh sebab itu anda harus kreatif dalam memasak. Buatlah masakan dengan menu yang berbeda setiap harinya. Dengan cara seperti itu anak akan penasaran dengan apa yang anda masak pada saat itu. Hal itu membuat anak mulai mempunyai nafsu makan. Anda juga dapat menghias tampilan makanan yang anda sajikan agar terlihat menarik oleh anak anda. Sehingga anak memiliki keinginan untuk mencoba makanan yang telah anda masak.

4. Menyajikan dengan Porsi Kecil

Tips selanjutnya adalah anda bisa menyajikan makanan untuk anak anda dengan porsi kecil. Dan jangan lupa tanyakan pada anak memilih menu makanan apa. Hidangkan sayur, lauk, nasi yang sesuai dengan porsi mereka.

5. Persiapkan Peralatan Khusus

Jangan melulu memikirkan makanan apa yang disukai anak. Namun anda juga harus memikirkan cara lain untuk menarik perhatian anak agar mau makan. Anda bisa menerapkan hal ini. Dengan mengajak anak untuk memilih peralatan makannya sendiri. Mungkin dengan cara itu, anak memiliki nafsu makan tersendiri karena memiliki peralatan makan yang ia sukai. Siapkan piring dan gelas dengan gambar kartun atau animasi yang menjadi favorit anak, garpu, dan sendok berkarakter yang sesuai juga.

Untuk kamu yang saat ini sedang galau atau memiliki masalah kehidupan terkait dengan psikologi, #tanyakakrani. Hubungi kontak person Kak Rani (Maharani K., M. Psi), Psikolog Klinis Dewasa dan Anak yang sangat professional. Kamu akan mendapatkan berbagai jawaban dan solusi atas semua kegundahan yang sedang kamu rasakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here