Apa Saja Sih Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan

Salah satu hal yang mempengaruhi kesuksesan dan kejayaan sebuah perusahaan adalah Kinerja karyawan. Baik buruk kinerja atau performa karyawan sangat mempengaruhi image, perkembangan, dan kesuksesan perusahaan. Jika ingin mengetahui baik buruknya kinerja karyawan dapat dilihat dari segi kualitas, kuantitas, ketepatan waktu dalam bekerja, dan cara bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. Semuanya tergantung pada kuantitas dan waktu yang digunakan karyawan dalam menjalankan tugas. Faktor kinerja karyawan juga bisa dinilai dari waktu kerja, jumlah absen, keterlambatan, dan lamanya masa kerja.

Kinerja karyawan adalah hasil  yang dapat dicapai oleh pegawai atau karyawan  dalam suatu perusahaan baik secara kualitatif maupun secara kuantitatif, sesuai dengan kewenangan, tugas, dan tanggung jawab masing-masing dalam upaya mencapai tujuan organisasi bersangkutan secara legal, tidak melanggar hukum, dan sesuai dengan moral ataupun etika. Seluruh kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan bisnis perusahaan atau organisasi merupakan bentuk kinerja. Peran karyawan sangat penting terhadap sukses atau tidaknya perusahaan.

Dalam hal ini sangat penting bagi perusahaan untuk memantau kinerja setiap karyawannya, apakah mereka sudah melaksanakan sekaligus menyelesaikan tugas dan kewajibannya sesuai yang perintahkan oleh atasan. Bagi perusahaan penilaian kinerja sangat penting karena sebagai penentu dalam kerja sama antara karyawan dan perusahaan. Jika karyawan memiliki kinerja yang baik perusahaan akan melanjutkan kerja sama, begitupun sebaliknya.

Baca Juga: Ini Dia Trik Jitu Mengatasi dan Mencegah Kenakalan Remaja

Kinerja karyawan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Yuk simak!  Penjelasan terkait faktor apa saja yang dapat berpengaruh terhadap kinerja karyawan?

Diperlukan Kedisiplinan

Sikap disiplin karyawan sangat penting dan sangat diperlukan dalam mempengaruhi kinerja karyawan. Hal itu harus diberlakukan kepada setiap karyawan, demi kelancaran dan suksesnya bisnis perusahaan. Setiap karyawan harus mengikuti aturan perusahaan dan melaksanakan tugas masing-masing. Perusahaan sendiri dapat membuat kebijakan yang akan memengaruhi sikap disiplin karyawan.

Memiliki Motivasi Kerja

Motivasi merupakan dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu. Motivasi setiap karyawan tentu saja berbeda-beda. Ada karyawan yang termotivasi untuk bekerja demi uang agar dapat memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Ada juga yang termotivasi dengan jabatan tinggi.

Bonus Gaji dan Kenaikan Jabatan

Karyawan pasti sangat senang jika diberikan bonus gaji terlebih lumayan banyak jumlahnya. Hal itu jelas akan memengaruhi kinerja karyawan. Karyawan yang mendapatkan bonus pasti akan meningkatkan kinerja. Apalagi kalau ditambahkan iming-iming kenaikan jabatan pastinya membuat karyawan memperbaiki kinerjanya. Selain sebagai penghargaan untuk karyawan yang bekerja sangat baik, dan kompeten hal ini juga diharapkan dapat memacu karyawan lain untuk bekerja lebih baik lagi.

Memiliki Jiwa Kepemimpinan

Atasan yang memiliki jiwa kepemimpinan yang baik biasanya akan memberikan performa yang baik juga. Direktur yang jiwa kepemimpinannya tinggi pasti akan terlihat berkarisma.  Cara atasan dalam memimpin karyawannya akan sangat memengaruhi kinerja perusahaan maupun karyawan.  Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bisa mengayomi karyawannya agar dapat menyelesaikan tugas masing-masing tanpa memberi tekanan yang berlebihan.

Lingkungan Kerja

Lingkungan kerja yang bersih dan nyaman akan membuat suasana hati karyawan tenang, nyaman, dan pastinya bisa lebih fokus dalam bekerja. Ketersediaan peralatan kerja yang lengkap juga membuata karyawan bisa bekerja lebih maksimal. Perusahaan juga perlu memperhatikan kesehatan dan keamanan karyawannya dengan menyediakan lingkungan kerja yang menyenangkan dan sesuai dengan kebutuhan.

Untuk kamu yang saat ini sedang galau atau memiliki masalah kehidupan terkait dengan psikologi, #tanyakakrani. Hubungi kontak person Kak Rani (Maharani K., M. Psi), Psikolog Klinis Dewasa dan Anak yang sangat professional. Kamu akan mendapatkan berbagai jawaban dan solusi atas semua kegundahan yang sedang kamu rasakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here