Apakah Hubungan di Dalam Kelurga Kamu Sehat? Yuk Ketahui Ciri-Cirinya!

Di dalam sebuah ikatan harus didasari segala hal yang membuat, membentuk, menciptakan sebuah hubungan yang harmonis, bahagia, dan hubungan yang sehat. Begitu pula dengan hubungan pada sebuah keluarga. Semua anggota harus memiliki hubungan yang baik dan sehat pada setiap anggota yang berada di rumah atau memiliki ikatan tersebut. Bagi kamu yang ingin menjalankan sebuah kehidupan rumah tangga, perlu mengetahui bagaimana cara-cara agar memiliki sebuah anggota kecil tersebut dan anggota besarnya dengan membentuk yang sehat. Karena sebuah anggota family yang sehat akan membuahkan family yang bahagia dan harmonis. Mulai hubungan suami istri, orang tua dan anak, kakak dan adik, serta anggota big family yang lain.

Bagaimana cara membuat sebuah hubungan family yang sehat? Yuk simak dan terapkan ulasan berikut ini!

1.    Ciptakan Komunikasi dan Interaksi Yang Baik

Cara atau tips pertama yang perlu kamu lakukan untuk menciptakan hubungan family yang sehat adalah dengan menciptakan sebuah komunikasi dan interaksi yang baik pada setiap anggota. Pastinya setiap anggota memiliki kesibukan masing-masing, entah anak maupun orang tua. Anak yang dari pagi sekolah dan mengikuti kegiatan sekolah hingga sore hari, orang tua melakukan tanggungjawab dan kewajibannya untuk bekerja. Jika tidak menciptakan komunikasi dan interaksi yang baik pada setiap anggota, pasti akan menimbulkan sebuah konflik atau masalah yang ada di rumah. Oleh sebab itu, ciptakanlah komunikasi dan interaksi yang baik antar anggota untuk menciptakan hubungan family yang sehat.

2.    Orang Tua Bisa Menjadi Sahabat Anak

Dalam sebuah family, setiap anggotanya pasti memiliki sebuah masalah yang dihadapi. Anak pun juga begitu. Karena mereka tidak hanya berdiam diri di rumah, mereka bermain serta sekolah. Jika kamu sebagai orang egois dengan jabatan di rumah dan tidak ingin menjadi sahabat saat anak kamu memilki masalah di luar rumah, maka dapat dipastikan anak juga akan mengabaikan kamu. Jadi buatlah hubungan layaknya sahabat untuk anak, menjadi tempat curhat, menasehati, memotivasi, mensupport, dan memberikan solusi kepada anak jika dia memiliki masalah. Dengan begitu, anak akan merasa bahwa orang tua adalah family yang bisa membuatnya tenang saat dia terkena masalah.

Baca Juga: Yuk Ikuti 4 Tips Agar Uang Gajian Tidak Cepat Habis

3.    Saling Mendukung

Tips selanjutnya adalah saling memberikan dukungan kepada setiap anggota. Jika ada salah satu anggota yang jatuh, terkena masalah misalnya. Maka seluruh anggota harus membantu, mendukung, mensupport, memberi solusi, dan hal yang lain untuk membuat family nyaman ketika berkumpul bersama.

4.    Selalu Bersama dan Selalu Berbagi

Namanya family seharusnya selalu bersama dalam suka dan duka, serta selalu berbagi jika bahagia. Jadi tidak berjalan dan mengatasi setiap masalah yang dihadapi secara sendiri. Seluruh anggota harus ada ketika salah satu anggota yang ditimpa masalah dan selalu bersama saat bahagia. Ingatlah bahwa bersama dan berbagi saat suka dan duka kepada family sangat bahagia.

5.    Memberikan Cinta dan Kasih Sayang

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan untuk membuat hubungan family yang sehat adalah dengan memberikan cinta dan kasih sayang yang tulus pada seluruh anggota. Jika memiliki cinta dan kasih sayang yang tulus pada setiap anggota, maka akan mudah menghadapi setiap masalah yang ada atau sedang dialami pada family kamu.

Untuk kamu yang saat ini sedang galau atau memiliki masalah kehidupan terkait dengan psikologi, #tanyakakrani. Hubungi kontak person Kak Rani (Maharani K., M. Psi), Psikolog Klinis Dewasa dan Anak yang sangat professional. Kamu akan mendapatkan berbagai jawaban dan solusi atas semua kegundahan yang sedang kamu rasakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here