Apakah Kamu Sudah Dewasa Tanda-Tanda yang Muncul Saat Kamu telah Menginjak Dewasa

Pastinya bagi kamu yang sudah menginjak usia dewasa akan memiliki perubahan dalam pola pemikiran dan tingkah laku. Apakah kamu terkadang merasa memiliki perasaan aneh dengan perubahan pada dirimu? Pada saat seseorang menginjak usia dewasa postur tubuh pun juga mengalami perubahan. Bagi kamu yang sadar akan perubahan tersebut pasti memiliki pemikiran “kenapa aku menjadi seperti ini?” pemikiran seperti itu akan terbesit bagi kamu yang mengenal dirimu tetap seperti kamu yang dulu.

Untuk kamu yang mengalami hal seperti itu jangan merasa bingung dengan perubahan yang terjadi. Karena perubahan yang muncul pada dirimu adalah bukti bahwa kamu sudah menginjak dewasa. dan kamu akan mencapai pola pikir yang dewasa juga. Ini dia perubahan-perubahan pola pikir yang muncul saat kamu menginjak kedewasaan!

  1. Sebelum kamu menginjak usia dewasa, kamu memiliki pikiran hanya untuk bersenang-senang. Namun perubahan pikiran tersebut berubah di saat kamu sudah mulai dewasa. Pada saat kamu sudah dewasa, kamu akan merasakan enjoy walau sedang dilanda kesusahan. Misalnya, saat kamu remaja, jika dilanda masalah kamu ingin menghindar dari masalah tersebut. Namun beda saat kamu dewasa, kamu akan berani menyelesaikan setiap masalah yang datang kepadamu dan kamu hadapi dengan rasa tanggungjawab.
  2. Orang yang sudah berfikir dewasa akan merasa takut akan melakukan suatu hal, oleh karena itu kamu akan berfikir 2 kali untuk melakukan hal tersebut. kamu tidak ingin hal yang kamu lakukan akan salah dan menjerusmuskanmu kedalam jurang. Oleh sebab itu kamu kurang bisa merasakan kenyamanan dalam hidup.
  3. Saat kamu sudah berfikir dewasa, pastinya kamu akan berfikir bagaimana masa depanmu agar memiliki masa depan yang cerah. Memang setiap orang memiliki masa lalu, tapi harus tetap fokus memikirkan masa depan. Jika kamu tetap terpaku dengan masa lalu, maka kamu tidak akan bisa berkembang untuk meraih segala mimpi dan cita-cita yang kamu inginkan.
  4. Jika dulu pada saat remaja kamu sering bertengkar dengan teman atau sahabatmu karena berbeda pendapat, sekarang tidak lagi saat kamu sudah mulai berfikir dewasa. kamu lebih menerima pendapat orang lain, dan tidak memikirkan egomu sendiri. Rasa toleransimu akan muncul saat kamu mulai berfikir dewasa.

Baca Juga: Yuk Ikuti Tips Agar Keluarga Betah di Rumah

  1. Saat kamu berfikir dewasa, kamu tidak merasa bahwa kamulah yang paling bisa, pintar, dalam segalanya. Kamu merasakan bahwa kamu masih kurang dan ingin mempelajarinya dari orang lain. Entah siapapun orangnya. Kamu dapat mengambil hikmah dalam setiap pelajaran dan situasi yang kamu alami.
  2. Hal lain yang kamu rasakan adalah kamu dapat menerima setiap keadaan orang lain. Bagi kamu orang yang dianggap orang lain itu buruk, tidak semua keburukan itu ada pada dirinya. Pastinya ada sisi kebaikan yang dimiliki orang tersebut. Itulah pikiranmu saat ini.
  3. Saat dewasa kamu dapat menyembunyikan kesusahan yang kamu alami kepada orang lain. Misalnya, saat ini kamu lagi dirundung patah hati karena kamu putus dengan kekasihmu. Hati kamu benar-benar hancur karena mengetahui pacarmu selingkuh. Namun kehancuran hatimu tidak kamu tunjukkan kepada orang lain, kamu dapat memendam rasa itu dan tetap tersenyum di hadapan semua orang. Kamu tidak akan menangis tersedu-sedu, atau marah-marah di hadapan orang lain yang akan membuat dirimu malu sendiri.
  4. Saat kamu sudah dewasa kamu sudah memiliki cita-cita dan mimpi yang jelas, yang akan kamu wujudkan dengan berbagai usaha, dan doa kepada Tuhan.

Untuk kamu yang saat ini sedang galau atau memiliki masalah kehidupan terkait dengan psikologi, #tanyakakrani. Hubungi kontak person Kak Rani (Maharani K., M. Psi), Psikolog Klinis Dewasa dan Anak yang sangat professional. Kamu akan mendapatkan berbagai jawaban dan solusi atas semua kegundahan yang sedang kamu rasakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here