Ayah Juga Berperan di Dalam Keluarga dan Tumbuh Kembang Anak

Pada umumnya, seorang dikenal dengan perannya yang menjadi pencari nafkah untuk seluruh anak-anak dan istrinya. Dalam sebuah keluarga seorang ayah juga berperan sebagai imam atau kepala rumah tangga. Sedangkan seorang ibu berperan sebagai ibu rumah tangga yang mengasuh anak, memasak, dan melaksanakan kegiatan rumah yang lainnya. Namun, adanya kesetaraan gender saat ini, tidak dipungkiri bahwa seorang ibu juga dapat dan boleh bekerja. Asalkan, tetap izin suami dan tetap melaksanakan apa yang menjadi kewajibannya di rumah. Ayah juga boleh membantu ibu mengerjakan pekerjaan rumah jika memang sedang longgar atau ibu memang sangat kerepotan. Ingat! Jangan menyalah gunakan arti kesetaraan gender untuk melawan perintah suami. Karena surga istri adalah ridho suami.

Lalu peran apa saja yang dapat ayah lakukan di dalam keluarga terutama untuk membantu perkembangan anak? Yuk simak dan terapkan berbagai ulasan berikut ini! Agar kamu bisa menjadi ayah yang istimewa untuk anak-anak dan istrimu.

1.    Melindungi Anak

Tugas pertama ayah untuk perkembangan anak adalah dengan berperan untuk melindungi anak-anaknya. Ayah sebagai imam keluarga juga boleh membantu ibu untuk mengasuh anak-anaknya. Dengan ayah mengasuh anaknya dengan baik, maka anak akan merasa aman bersama ayahnya. Hal tersebut juga dapat mempengaruhi emosional, spiritual, mental, dan fisik anak. Rasa aman yang dirasakan anak akan membuat anak merasa percaya diri.

2.    Memberi Pendidikan

Untuk membantu tumbuh kembang anak, seorang ayah juga berperan sebagai seseorang yang mendidik anak-anak nya di rumah. Walaupun ada sebutan ibu sebagai “kepala sekolah” bagi anak-anaknya. Namun, ayah juga memiliki peran penting untuk mendidik anak-anaknya di rumah. Ayah dapat memberikan contoh perbuatan yang baik dengan gaya seorang ayah yang tegas, disiplin, tanggungjawab, dan bijaksana. Dengan begitu anak akan belajar hal-hal tersebut dari sang ayah.

3.    Menjadi Contoh Yang Baik

Peran ayah selanjutnya adalah menjadi contoh yang baik untuk anak-anaknya. Mulai dari memberi contoh masalah perilaku, sopan santun, dan contoh kepribadian yang baik lainnya. karena seorang anak akan mencontoh perilaku orang tuanya. Oleh sebab itu berikan contoh perilaku yang baik kepada anak-anakmu agar dia juga memiliki perilaku yang baik pula.

Baca Juga: Berbagai Alasan Sah Mengambil Hak Cutimu, Jadi Percaya Diri Saja!

Apalagi jika memiliki anak perempuan yang nantinya dia akan memilih pasangan yang baik untuk dirinya. Jika kamu sebagai ayah yang memiliki perilaku yang baik, maka anakmu nanti juga akan mencari pasangan yang berperilaku baik pula.

4.    Sebagai Teman Anak

Ayah juga dapat berperan sebagai teman anak. Anak dapat menceritakan keluh kesah kepada ayahnya. Dengan menjadi teman yang baik dan dapat dipercaya oleh anak. Kamu sebagai ayah akan menjadi permasalahan apa saja yang terjadi kepada anakmu. Tentunya kamu juga akan lebih mudah untuk menasehati, mengarahkan anakmu kepada hal yang positif.

5.    Sebagai Pelatih Anak

Ayah juga berperan memberi pelatihan kepada anak-anaknya. Dengan memiliki keunggulan dalam hal fisik. Ayah dapat memberikan pelatihan kepada anak-anaknya dalam hal membela diri. Tidak hanya itu, menjadi seorang ayah yang cerdas kamu juga dapat memberikan latihan kepada anak untuk menjadi seseorang yang kreatif, berkarakter, bertanggungjawab, disiplin, bijaksana dan yang lain. Ayah juga dapat memberi latihan kepada anak mencoba memperbaiki barang yang sudah rusak agar dapat digunakan kembali. Dalam hal ini ayah juga melatih anak dalam olahraga misalnya, bermain sepak bola, berenang, basket, badminton, atau saat anak berlatih mengayuh sepeda. Di situlah tugas seorang ayah yang dapat membantu tumbuh kembang anak.

Untuk kamu yang saat ini sedang galau atau memiliki masalah kehidupan terkait dengan psikologi, #tanyakakrani. Hubungi kontak person Kak Rani (Maharani K., M. Psi), Psikolog Klinis Dewasa dan Anak yang sangat professional. Kamu akan mendapatkan berbagai jawaban dan solusi atas semua kegundahan yang sedang kamu rasakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here