Cara Mendidik Anak Perempuan dalam Islam

Tanya Kak Rani – Merawat dan membesarkan anak perempuan maupun laki-laki itu pada dasarnya sama saja, lho. Keduanya menjadi anugerah terindah yang telah Allah SWT titipkan kepada kita. Mendidik anak itu harus dengan memberikan contoh serta keteladanan yang baik. Sebab, mereka akan meniru apa yang dilihat serta didengarnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa cara Rasulullah dalam mendidik anak perempuannya yang bisa kita tiru, diantaranya:

1. Ajarkan Ilmu Tauhid

Ilmu tauhid atau konsep ketuhanan merupakan dasar dari agama Islam. Oleh sebab itu, ilmu ini tentu saja menjadi hal utama dan wajib bagi orang tua untuk mengenalkan Allah kepada anak. Ajarkan pula pada anak untuk mengucapkan kalimat Lailaha illaallah dengan secara berulang-ulang, sehingga anak akan menjadi terbiasa serta familiar untuk mendengarkannya. Kamu juga perlu mengajarkan kalimat Muhammad Darrasullullah.

2. Ajarkan Ilmu Agama

Ilmu agama dalam hal ini yang dimaksud adalah salat, puasa, dan juga mengaji. Tentu saja kamu tidak perlu menunggu anak perempuan untuk dewasa terlebih dahulu jika ingin belajar agama. Sebab memang mengajarkan anak pada ilmu agama sebaiknya dilakukan sejak dini, bahkan ketika usianya masih balita. Misalnya kamu bisa nih mengajarinya membaca Al-Quran.

Sedangkan untuk ilmu salat dan juga puasa, walaupun kewajibannya dilakukan ketika ia telah baligh, kamu juga bisa memulai mengajarkannya atau menunjukkannya padanya sejak kecil. Ajarkan secara bertahap, mulai dengan cara berwudu, mengenalkan mengenai arah kiblat, dan juga beberapa bacaan sampai gerakan salat.

Disamping itu, ajarkan pula membaca doa, terutama doa-doa harian. Misalnya doa sebelum dan sesudah makan, doa tidur, doa bercermin, do’a masuk kamar mandi, doa keluar rumah dan lain sebagainya.

3. Ajarkan Cara Berbakti Kepada Orang Tua

Tentu saja setiap orang tua harus mengajarkan cara berbakti kepada orang tua kepada. Sebab seperti yang kita ketahui, hal ini sangat penting mengingat durhaka pada orang tua termasuk dosa besar.

4. Ajarkan Pekerjaan Rumah Tangga

Didalam mendidik anak perempuan, Nabi Muhammad SAW juga mengajarkan tentang pekerjaan rumah tangga. Misalnya memasak, bersih-bersih rumah, mencuci pakaian dan lain sebagainya.

5. Berikan Pendidikan yang Layak

Didalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim diterangkan, “Barang siapa yang mengayomi dua anak perempuan hingga dewasa. Maka ia akan datang pada hari kiamat bersamaku.” Kemudian Anas bin Malik berkata: Nabi menggabungkan jari-jari jemari beliau.”

Baca Juga: Kunci Rumah Tangga yang Bahagia Hingga Tua Bersama Pasangan

Pada hadist tersebut dijelaskan jika orang tua wajib mengayomi anak perempuannya. Mengayomi ini bisa diartikan sebagai bentuk memberikan pendidikan yang layak, baik itu pendidikan agama ataupun umum seperti ilmu bahasa, sains, matematika, atau sosial.

Walaupun pada akhirnya menjadi ibu rumah tangga, perempuan berhak mendapatkan pendidikan yang baik. Jika perempuan mempunyai pendidikan dalam ilmu agama dan juga umum, ia bisa membentuk generasi rabbani yang cerdas.

6. Ajari Cara Berpakaian Menutup Aurat

Dalam sebuah hadist, Rasulullah telah menjelaskan dan juga mengajarkan kepada umatnya yang perempuan, termasuk anak-anaknya untuk secalalu berpakaian secara Islami, yaitu dengan selalu menutup aurat.

7. Mengajarkan Adab dan Pergaulan yang Baik

Kita sebagai orang tua juga harus memberitahu mengenai batasan bergaul dengan laki-laki, menjaga pandangannya serta untuk berpenampilan tidak menyerupai laki-laki. Ustadz Abu Salma Muhammad menyatakan, jika anak perempuan berusia 7-10 tahun maka dekatkan ia dengan ibunya guna mengenal seksualitasnya, bangga dengan ibunya serta mengetahui apa yang dilakukan dan juga dikenakan ibunya untuk dipelajari. Dan saat ia menjelang baligh dekatkan ia dengan Ayahnya.

Untuk kamu yang saat ini sedang galau atau memiliki masalah kehidupan terkait dengan psikologi, #tanyakakrani. Hubungi kontak person Kak Rani (Maharani K., M.Psi), Psikolog Klinis Dewasa dan Anak yang sangat profesional. Kamu akan mendapatkan berbagai jawaban dan solusi atas semua kegundahan yang sedang kamu rasakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here