Konsultan psikologi – Pada waktu-waktu tertentu seseorang mungkin pernah menghadapi keraguan terhadap kemampuan diri, misal ketika menghadapi tantangan baru, mempelajari hal baru atau bahkan ketika mendapat kegagalan ketika berjuang. Ini bisa terjadi pada siapa saja bahkan terhadap orang yang sudah mendapatkan prestasi berkali-kali. Ada saja kejadian yang justru membuatnya mempertanyakan tentang kapasitas diri sendiri.

Perasaan ragu terhadap kemampuan diri ini memang sangat mengganggu sekali dalam kehidupan sehari-hari, ketika kita sudah tak yakin imbasnya segalanya yang kita kerjakan akan berakhir dengan hasil yang memuaskan. Jika perasaan ragu itu datang pada dirimu sebaiknya kamu atasi dengan beberapa cara ini!

Berdamai dengan rasa ragu dengan menerimanya

Cara pertama adalah dengan menerima keraguan yang muncul dan tidak mengingkari adanya perasaan itu, jangan kamu tepis karena jika kamu mengingkari perasaan itu justru perasaan itu akan semakin kuat dan menegaskan bahwa kamu memang meragukan kemampuanmu sendiri.

Dengan menerima perasaan ragu bukan berarti kamu pasrah begitu saja bahwa kamu memang tidak mampu. Namun lebih kepada belajar menerima dan belajar menerima kekurangan diri sehingga kamu bisa berdamai dengan perasaan tersebut. Setelah itu kamu akan lebih terbuka untuk mencari solusi terbaik untuk dirimu sendiri dan percaya dirimu akan kembali meningkat.

Ingat kembali momen ketika kamu sangat percaya diri

Luangkan waktu sejenak untuk mengingat kembali momen ketika kamu sangat percaya diri, merasa bahagia atas kemampuanmu mengatasi sesuatu. Misalnya ketika kamu berhasil mencapai suatu tujuan yang sudah kamu rencanakan atau momen apapun yang bisa mengembalikan percaya dirimu.

Nah sebenarnya dengan mengingat momen tersebut berarti memberi sugesti pada dirimu sendiri bahwa sebenarnya kamu punya potensi yang cukup mumpuni dengan mengandalkan kemampuanmu.

Tuliskan hal-hal yang membuatmu ragu pada diri sendiri

Cobalah telusuri hal apa yang membuatmu ragu terhadap kemampuanmu dengan menuliskannya pada catatan, semakin detail maka akan semakin bagus. Dengan menuliskan secara detail maka kamu akan memahami apa yang menghambatmu dapat sisi mana yang harus kamu benahi untuk kembali bangkit dan berkembang.

Melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan

Setelah kamu menganalisa dirimu sendiri dengan mencari apa yang membuatmu ragu, selanjutnya dibutuhkan kemauan dari dirimu sendiri untuk bergerak, karena dengan hanya tahu apa yang menghambatmu tidaklah cukup, kamu harus melakukan sesuatu yang dapat membuatmu berkembang. Seperti mempelajari dan berlatih lagi dengan serius agar kamu bisa naik ke level selanjutnya.

Baca juga: Menyembuhkan Luka Masa Lalu Dengan Trauma Healing

Sebagian orang bisa ragu terhadap dirinya sendiri karena mereka sadar bahwa dirinya belum mampu melakukan sesuatu karena ada kemampuan dalam dirinya yang tak biasa diasah. Jika kamu sudah membiasakan diri untuk mengasah kemampuanmu setiap saat, kamu akan paham sampai mana kapasitasmu dan kamu merasa layak dan kompeten untuk mengejarkan tugas-tugasmu, kemudian perlahan keraguan tersebut juga akan hilang sendirinya.

Membayangkan kemampuanmu semakin meningkat

Cara yang terakhir adalah dengan membayangkan bahwa akan ada banyak kemudahan ketika kemampuanmu meningkat sesuai keinginan kamu. Ini tentu sangat berguna untuk menguatkan ambisi kamu untuk bangkit. Dan kamu akan lebih bersemangat lagi untuk berproses. Percayalah bahwa setiap orang punya kesempatan yang sama untuk merubah diri menjadi lebih baik, jadi dengan merasa yakin maka proses perjalan menuju level yang lebih tinggi pada kemampuan diri akan jadi lebih mudah.

Itulah tadi beberapa tips tentang bagaimana cara mengatasi keraguan terhadap kemampuan diri sendiri, semoga dengan tips ini keraguanmu dapat segera teratasi ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here