Konsultan psikologi – Pernakah kamu merasa bahwa kamu belum paham sebenarnya apa yang kamu mau dalam hidup ini, apa yang seharusnya kamu lakukan agar dirimu menjadi lebih berharga, jika iya artinya kamu perlu mengenali diri sendiri terlebih dahulu agar hidupmu terhindar dari perasaan pesimis, gelisah dan perasan negatif lainnya. Dengan lebih mengenal diri artinya kamu akan tahu bagaimana cara menghargai diri sendiri dan lebih siap menghadapi hidup kedepan dengan perasaan yang lebih positif. Beberapa cara di bawah ini akan membantumu untuk mengenal lebih dalam tentang dirimu sendiri.

Kenali diri melalui minat

Dari banyaknya kegiatan yang sudah kamu lalui tentunya ada satu hal yang membuatmu begitu tertarik untuk menyelami lebih dalam, itulah yang disebut minat. Selama itu kegiatan yang positif dan membuatmu senang tak ada salahnya mempelajari hal itu lebih jauh, mungkin hal itulah yang akan mengarahkanmu pada satu jalan yang menjadi keinginanmu selama ini. Dengan mengenal apa minatmu akan menjadi jembatan agar kamu lebih dekat untuk mengenali diri sendiri.

Ketahui apa yang menjadi kekuatanmu

Dengan mengetahui apa yang jadi kekuatanmu kamu akan lebih percaya diri lagi untuk menjalani hari-hari. Kekuatan yang dimaksud disini bukanlah kekuatan yang bersumber dari fisik, namun kemampuan dari dalam diri kamu untuk merasakan, kemauan yang kuat untuk belajar, kepedulian yang mendalam, kesetiaan dan sebagainya. Jika kamu tak menemukan kekuatan yang dimiliki orang lain ada di dalam dirimu, tak perlu khawatir sebab setiap orang tentu punya keunikannya masing-masing termasuk dalam hal kekuatan, jika jawabannya belum kamu temukan sekarang mungkin nanti ketika melalui berbagai proses kamu akan tahu dimana letak kekuatanmu.

Buatlah misi yang jelas dan terukur

Jika kita menjalani hari dengan kegiatan yang sama tanpa adanya hal yang berarti tentu hidup akan terasa hampa dan membosankan. Agar hidupmu jadi lebih bermakna dan bermanfaat sehingga kamu menjadi paham untuk apa kamu tercipta di dunia ini. Milikilah misi hidup yang jelas dan yang terpenting adalah terukur. Misalnya kamu punya tujuan untuk menjadi pembisnis yang sukses dengan omset yang cukup tinggi, maka kamu perlu menuliskan misimu untuk mencapai hal tersebut. Membuat bisnis plan yang terukur dan realistis, resiko apa yang kemungkinan terjadi dan bagaimana cara mengantisipasinya.

Mencari tahu jam produktif

Sangat manusiawi jika pikiranmu tidak bisa produktif setiap jamnya, tentu ada jam-jam dimana otakmu membutuhkan istirahat, fisikmu merasa kelelahan, dan kamu merasa bosan ketika harus bekerja lebih dari kantor. Demi menyiasati agar waktu yang kamu luangkan untuk mengerjakan sesuatu menjadi lebih efektif dan selesai tepat waktu kamu perlu memahami dimana jam produktifmu. Ada orang yang sangat produktif saat pagi hari ada juga produktif ketika malam hari. Pahamilah jam produktifmu agar hasil kerja lebih maksimal.

Latihan mengelola emosi

Setiap emosi yang ada di dalam diri tidak semuanya bersifat negatif ada juga emosi positif. Tak ada yang salah dengan kedua emosi tersebut asal dikeluarkan dalam porsi yang wajar, yang perlu kamu lakukan adalah dengan melatih bagaimana mengontrol emosi dengan baik, dengan begitu kamu jadi lebih paham untuk memilih dan memutuskan pada keputusan yang baik untukmu dan keputusan mana yang tidak akan kamu ambil.

Menanamkan nilai untuk segala aktivitas

Cara yang terakhir adalah dengan menanamkan nilai atas segala sesuatu yang kamu kerjakan, dengan begitu kamu jadi lebih menghargai waktu dan kesempatan, kamu menjadi lebih bertanggung jawab dengan jalan yang sudah kamu pilih.

Baca juga: Cara Mengatasi Keraguan Pada Kemampuan Diri

Demikian beberapa cara agar kamu bisa mengenali diri sendiri. Lakukan hal ini secara rutin demi hidup yang lebih baik dan lebih bahagia, meski kamu tak langsung menemukan jawabannya nikmati saja prosesnya lambat laun kamu juga akan paham tentang dirimu yang sebenarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here