Konsultan psikologi – Menjadi teman yang baik tidak harus merubah dirimu menjadi orang lain, namun memang harus ada yang berproses di dalam dirimu agar tak menunjukan sikap baik yang palsu diteman-temanmu. Apakah selama ini kamu sudah menjadi teman yang baik? Jawabanya tentu bisa diketahui oleh masing-masing orang dari seberapa nyaman temanmu berada didekatmu.

Dalam lingkar pertemanan tentu dibutuhkan adaptasi demi menyesuaikan diri dengan teman-temanmu, selama itu menuju kearah yang positif kenapa tidak? Karena biar bagaimanapun juga ikatan pertemanan yang baik akan terjadi kalau diantara kalian saling mengerti dan mau menunjukkan sikap yang baik. Berikut ini merupakan beberapa cara untuk menjadi teman yang baik.

Menyeimbangkan kehidupan pribadi dan pertemanan

Jangan terlalu mencampurkan kehidupan pribadimu dengan pertemanan, tentu keduanya bisa kamu atur berjalan beriringan tanpa berat sebelah. Yang terpenting adalah jangan sampai kamu terlalu fokus pada pertemanan namun kamu sendiri lupa untuk diprioritaskan karena itu bukanlah hal yang sehat, begitu juga sebaliknya karena di dunia ini pertemanan sangat diperlukan.

Jangan mudah menghakimi

Meski kamu dan temanmu sangat dekat bukan berarti kamu jadi lebih bebas menghakimi tanpa paham alasannya. beri kesempatan dia untuk menjelaskan saat ada masalah. Jagalah setiap kata yang keluar saat temanmu mau bercerita, usahakan selalu mengapresiasi karena kamu dipercaya untuk mendengar ceritanya dan jangan biasakan menghakimi hal yang belum kamu pahami karena itu tidak akan memperbaiki keadaan.

Menunjukkan sikap bahwa kamu bahagia berteman dengannya

Jangan ragu untuk mengunkapkan bahwa kamu menyukai berteman dengannya, tidak harus setiap saat namun setidaknya kamu tahu bahwa dia adalah teman yang tepat untukmu, dengan begitu dia juga akan senang terhadap dirinya sendiri dan juga bersyukur karena sudah bisa bermanfaat bagi orang lain.

Menawarkan bantuan meski belum diminta

Jika kamu sudah berteman lama dengannya tentunya kamu memahami apa yang temanmu butuhkan pada saat-saat tertentu. Terlebih jika dia orang yang sungkan untuk meminta sesuatu, menawarkan bantuan lebih dulu akan membuatnya merasa senang dan lebih dipahami dengan tak membiarkannya menyelesaikan masalahnya sendirian.

Peka dengan batasan pertemanan

Meski kamu sudah berkawan lama dan sangat dekat sebaiknya kamu pahami tentang berbagai batasan dan privasi yang tak boleh kamu langgar. Memang ada hal yang ingin dia ceritakan namun ada pula hal yang tidak perlu diketahui umum dan lebih baik disimpan sendiri. Belajarlah untuk menghargai batasan-batasan tersebut dan jangan pernah dilanggar demi pertemanan yang sehat.

Karena privasi merupakan hal yang sangat vital jika dilanggar, buatlah tetap nyaman dengan tidak mencampuri apapun yang enggan dia bagi, jangan pernah memaksanya untuk membuka hal yang tak perlu kamu tahu.

Yang paling penting dari ini semua adalah kamu melakukannya dengan baik dan tulus demi terciptanya pertemanan yang sehat. Ketika kamu sudah memperlakukan kawanmu dengan sangat baik maka timbal baliknya orang yang berteman denganmu akan berpikir dua kali jika dia memiliki niat yang buruk terhadapmu.

Baca juga: Penyebab Mengapa Kamu Kurang Percaya Diri

Lakukanlah intropeksi terhadap diri sendiri, sudahkah kamu melakukan semuanya dengan baik sebagai teman, jangan selalu menuntut orang lain untuk menjadi teman yang baik, kamu juga perlu mengevaluasi diri, semoga beberapa kiat diatas dapat menjadikan kamu teman yang baik ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here