Konsultan psikologi – Perasaan ingin menyerah dengan keadaan karena kesulitan yang menurutmu sulit untuk dilewati merupakan mungkin persaan yang hampir dialami oleh setiap orang, mengingat perjalanan hidup memang tak selalu mudah, kala putus asa rasanya semuanya terasa berat, harapan benar-benar jauh untuk digapai, lalu terbesit pikiran bahwa menyerah mungkin adalah jalan yang tepat untuk situasi tersebut.

Namum tunggu dulu, jangan buru-buru berputus asa, masih ada kesempatan dan peluang meskipun kecil namun bukan berarti kamu tak ada potensi untuk melanjutkan. Selain menghilangkan rasa takut dan percaya diri ada beberapa hal yang perlu kamu ingat ketika kamu berpikir untuk berhenti berjuang dan menyerah pada keadaan.

Semua berproses tak ada keberhasilan yang instan

Meski kini kita hidup dijaman yang serba mudah dan instan apapun keinginan dapat terpenuhi dengan sentuhan ujung jari pada layar ponsel. Namun tak semua hal dapat terjadi secara instan, ada rangkaian proses harus kamu jalani agar mencapai pada titik tertentu dimana keberhasilan menjadi hal yang nyata yang dapat kamu genggam.

Sukses merupakan jalan panjang yang tak bisa terjadi dalam semalam apalagi dalam sekedipan mata. Dibutuhkan kerja keras dan jatuh bangun berkali-kali. Jadi untukmu yang merasa bahwa semuanya akan berakhir gagal lebih baik buang pikiran itu jauh-jauh, terjatuh pada saat kamu sedang menjalani perjuangan adalah hal yang biasa. Jangan berhenti jika lelah istirahatlah yang penting jangan berhenti karena hidup harus terus berlanjut.

Banyak jalan menuju kesuksesan

Ketika kamu mengalami kesulitan dan mengalami kegagalan, beberapa orang cenderung menyalahkan dan tak bisa memaafkan diri sendiri. Merasa diri tak layak meraih sesuatu dan mulai meragukan kemampuan. Padahal mungkin saja kita kita mau bersabar dan lebih tenang ada banyak jalan lain yang dapat ditempuh, temukan sudut pandang baru yang membuatmu lebih jeli lagi melihat peluang.

Hidup masih panjang dan akan ada banyak kemungkinan

Percayalah bahwa ada masa depan yang cerah jika kamu mau bertahan dan bisa melewati masalahmu, jangan sia-siakan masa depanmu hanya karena kamu berbuat satu kesalahan karena kamu masih punya kesempatan untuk diperbaiki. Jika kamu menyerah dengan keadaanmu sekarang bisa jadi kelak akan ada penyesalan karena kamu sudah memilih pilihan yang salah dalam hidup.

Jarakmu dengan kesuksesan mungkin tinggal sedikit lagi

Kadang kala ujian tersulit memang ujian yang jaraknya amat dekat dengan tujuanmu, barang kali jika kamu dapat melewati ujian ini sekali saja kamu akan benar-benar mencapai apa yang selama ini menjadi mimpimu. Selalu yakin pada proses yang membentukmu menjadi pribadi yang lebih kuat. Asalkan kamu tidak kehilangan keyakinan terhadap mimpi-mimpimu yang sudah kamu inginkan sejak awal.

Kegagalan adalah pelajaran

Banyak yang merasa bahwa kegagalan bagaikan aib yang membuatmu malu untuk menanggungnya padahal gagal adalah yang biasa dan bisa saja menimpa setiap orang yang membedakan adalah bagaimana cara orang memandang sebuah kegagalan menjadikan pelajaran agar kamu menjadi lebih kuat dan lebih pandai lagi dalam memperjuangkan sesuatu, kamu bisa belajar untuk membenahi banyak hal, dari kegagalan kamu jadi tahu bagian lemah dari dirimu yang mesti diperbaiki dengan begitu ketika kamu dihadapkan oleh masalah yang sama kamu tidak akan mudah tumbang dikemudian hari.

Baca juga: Mengapa kita harus menghargai diri sendiri sebelum mencintai orang lain

Demikianlah beberapa kiat yang dapat kamu ingat ketika terbesit keingian untuk menyerah, namun yang pasti jika kamu menyerah sampai disini kamu tak bisa melihat kemungkinan yang menanti di depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here