Karakter Anak Pertama Perempuan yang Menarik dan Unik

Tanya Kak Rani – Anak perempuan pertama memang cenderung ambisius. bisa dibilang bahwa anak pertama perempuan mempunyai persentase keberhasilan yang tinggi apabila dilihat dari ambisinya untuk memperoleh apapun keinginannya. Bagaimanapun karakter anak perempuan pertama tidak bisa terlepas dari pola asuh anak yang diterapkan oleh orangtua. Apalagi, keberadaan seorang adik juga bisa memengaruhi sifat, karakter, serta psikologi si kakak secara menyeluruh. Apa saja fakta anak perempuan pertama yang menarik untuk dikatahui? Berikut beberapa dianatarnya:

1. Mandiri dan Tangguh

Terlahir sebagai anak pertama perempuan, hal tersebut telah membuatnya belajar mandiri terutama sesudah kelahiran adiknya. Walaupun orangtua tetap memberikan perhatian padanya, si sulung sadar jika adik-adiknya yang mnemerlukan perhatian dan juga waktu lebih dari kedua orang tuanya.

Awalnya, mungkin si sulung merasa gembira atas kelahiran adiknya. Namun terkadang beberapa anak mungkin akan sedikit merasa tidak adil sebab harus berbagi kasih sayang dengan saudara kandungnya. Meskipun demikian, seiring bertambahnya usia, anak perempuan pertama akan tumbuh menjadi individu yang tangguh. Bahkan, ia juga sudah terbiasa belajar tanggung jawab dengan membantu ibunya membantu mengurus adiknya atau membantu pekerjaan rumah lainnya, seperti menyapu, mencuci pirinng atau mencuci pakaiannya sendiri.

2. Jiwa Kepemimpinan

Karakter anak perempuan pertama berikutnya adalah mempunyai jiwa kepemimpinan. Karakter tersebut muncul sebab sejak kecil ia sudah terbiasa diandalkan oleh orangtua untuk menjaga adik-adiknya. Anak perempuan pertama memang cenderung tidak mudah menyerah, dan juga cocok menjadi mentor didalam hal pekerjaan.

3. Rasa Peduli

Mempunyai rasa peduli tinggi juga menjadi fakta anak perempuan pertama berikutnya. Hal tersebut disebabkan, ia sudah terbiasa untuk berusaha melindungi, mengayomi, serta memberikan bantuan kepada adik-adiknya sedari kecil. Didalam hubungan percintaan, anak perempuan pertama juga dikenal sebagai sosok yang perhatian terhadap pasangan.

4. Naluri Keibuan

Walaupun memiliki karakter yang kuat, naluri keibuan anak perempuan pertama juga sering muncul. Hal tersebut disebabkan, ia terbiasa untuk menggantikan peran ibunya. Misalnya seperti bebenah rumah, menyiapkan makan untuk adik-adik, dan lain sebagainya saat ibunya tidak berada di rumah. Oleh sebab itu, bisa dibilang jika naluri keibuan bisa tumbuh secara alami.

Baca Juga: Bantu Anak Lebih Percaya Diri, Ini Dia Afirmasi Positif yang Perlu Kamu Coba

5. Pekerja Keras

Fakta anak perempuan pertama berikutnya yang menarik adalah, pekerja keras. Anak pertama perempuan selalu fokus didalam mengerjakan pekerjaan, sehingga ia cenderung mempunyai karier yang baik. Bisa dibilang, anak perempuan pertama merupakan sosok yang berkualitas, termasuk dalam bidang pekerjaannya.

6. Sangat Cerewet

Anak pertama perempuan biasanya juga sangat cerewet. Ia sangat senang untuk memberikan nasihat-nasihat untuk adik-adik serta orang terdekatnya. Pada adik-adiknya, nasihat yang dilontarkan tentu bertujuan untuk menjaga mereka tetap aman dan mempunyai hidup yang bahagia.

7. Pandai Menyesuaikan Diri

Karakter anak perempuan pertama yang lainnya adalah ia pandai dalam menyesuaikan diri. Mereka cenderung tahan banting serta bisa hidup dalam situasi yang tidak mengenakkan sekalipun. Hal tersebut diperoleh dari kesenangannya didalam berpetualang.

Itulah beberapa fakta menarik anak perempuan pertama yang perlu diketahui. Hal yang perlu ditegaskan, jika tidak semua anak perempuan pertama mempunyai sifat atau karakteristik seperti di atas. Karakteristik tersebut tentunya akan sangat dipengaruhi oleh pola asuh yang diterapkan oleh kedua orangtua dan juga lingkungan tempat tinggal di mana ia dibesarkan.

Untuk kamu yang saat ini sedang galau atau memiliki masalah kehidupan terkait dengan psikologi, #tanyakakrani. Hubungi kontak person Kak Rani (Maharani K., M.Psi), Psikolog Klinis Dewasa dan Anak yang sangat profesional. Kamu akan mendapatkan berbagai jawaban dan solusi atas semua kegundahan yang sedang kamu rasakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here