Kehidupan Anak Rantau, Ternyata Ada Keuntungannya

Anak yang jauh dari orang tua dan kampung halaman karena alasan dan tujuan tertentu diberi sebutan anak rantau. Mereka memiliki tujuan tertentu mengapa harus pergi sementara meninggalkan kampung halamannya. Tujuan mereka pun macam-macam. Misalnya, pergi untuk menuntut ilmu, mencari tambahan ekonomi, dan masih banyak lagi. Namun sebagian besar orang tua tidak banyak yang mengizinkan anaknya untuk merantau. Hal itu pastinya membuat orang tua khawatir dan takut karena anak jauh darinya. Padahal jika anak ingin merantau, akan banyak keuntungan yang ia dapat. Ikuti penjelasannya dan simak!

Mendapat Pelajaran Untuk Hidup Mandiri

Bagi kamu yang menjadi anak perantau, pastinya merasakan bagaimana rasanya jauh dari kedua orang tua. Saat kamu merantau kamu dituntut untuk hidup dengan mandiri. Dituntut menjadi anak yang serba bisa melakukan segala hal dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, sangat sulit menjalani hidup menjadi anak rantau. Kamu harus melakukan segala hal. Jika kamu awalnya tidak bisa melakukan hal tersebut, maka ketika merantau kamu harus belajar untuk bisa melakukannya dengan mandiri.

Kamu Harus Pintar Dalam Menghemat Uang

Anak rantau, kalau tak hemat maka tak makan. Oleh sebab itu kamu harus pandai-pandai mengatur pengeluaran untuk kebutuhan hidupmu. Jangan samakan kehidupan merantau seperti hidup di rumah. Ketika merantau kamu tidak bisa bebas membeli ini itu dan nongki sana nongki sini. Jika kamu ingin uangmu tidak cepat habis. Walaupun kamu merantau dengan alasan menuntut ilmu, dan setiap bulannya kamu dikirim uang bulanan oleh orang tua, kamu tetap harus bisa mengatur uang.

Bagi kamu yang merantau pastinya memiliki penghitungan dan kalkulasi keuangan itu sendiri. Ingat walau kamu merantau sedikit-sedikit harus bisa menabung dan berusahalah meminimalisir keuangan sebaik mungkin.

Anak Rantau Pandai Memasak

Bagi kamu yang menjadi anak rantau pasti pandai dalam memasak. Karena kalau tidak memasak, kamu tidak akan makan. Tidak mungkin kan setiap hari kamu makan di restoran? Karena itu akan mengeluarkan banyak uang dan menjadikan kamu hidup boros.

Baca Juga: Tahu Gak Sih Keuntungan Jadi Karyawan Tetap?

Kamu Dapat Mencoba Berbagai Masakan Daerah Asal Tempat Kamu Merantau

Pastinya kamu yang sedang merantau sedikit banyak tahu tentang kuliner, adat istiadat yang ada ditempat kamu merantau. Terutama makanan khas daerah setempat. Tentunya berbeda makanan di tempatmu merantau dengan makanan yang ada di daerah kampung halamanmu. Nah itulah keuntungan yang didapat dari anak rantau, kamu bisa mencicipi makanan khas daerah tempat tinggal kamu merantau.

Bertambahnya Kenalan untuk Dijadikan Teman

Pastinya kamu akan memiliki kenalan dengan orang-orang yang berada di tempat kamu merantau. Misalnya kamu kuliah di universitas A di pulau Jawa dan kamu berasal dari Maluku. Akan banyak sekali kawan dari daerah tersebut yang menimba ilmu di universitas tersebut. nah oleh sebab itu, kamu ambil kesempatan tersebut untuk menambah relasi. Siapa tahu mereka yang kamu kenal dekat di sana dapat menjadi rekan kerja jika telah lulus kuliah kelak, kamu juga dapat sharing pengalaman dan saling berbagi ilmu.

Nah itu dia keuntungan yang didapat saat kamu menjadi anak rantau. Semoga bermanfaat. Bagi kamu yang merantau jangan susah hati karena jauh dari keluarga, tetap semangat dan pantang menyerah. Dan bagi kamu yang ingin merantau, jangan takut karena banyak keuntungan yang akan kamu dapat.

Untuk kamu yang saat ini sedang galau atau memiliki masalah kehidupan terkait dengan psikologi, #tanyakakrani. Hubungi kontak person Kak Rani (Maharani K., M. Psi), Psikolog Klinis Dewasa dan Anak yang sangat professional. Kamu akan mendapatkan berbagai jawaban dan solusi atas semua kegundahan yang sedang kamu rasakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here