Kenali 8 Tanda Masalah Kesehatan Mental, Mungkin Ada di Dirimu!

Apa saja gejala penyakit mental? Jika seorang teman atau orang yang dicintai tidak tampak seperti dirinya sendiri, bagaimana kamu mengenali perbedaan antara suasana hati yang buruk dan sesuatu yang lebih serius? Minum alkohol terlalu banyak, menjadi pengacau pesta, menangis sepanjang waktu atau perubahan signifikan lainnya yang sedang berlangsung dalam perilaku, pikiran, atau perasaan seseorang dapat menjadi tanda-tanda penyakit mental.

Seringkali itu bukan satu perubahan tetapi kombinasi. 8 tanda berikut ini tidak untuk membantu kamu mendiagnosis masalah kesehatan mental, tetapi untuk meyakinkan kamu bahwa mungkin ada alasan yang baik untuk mencari informasi lebih lanjut tentang masalah kamu.

1. Merasa cemas atau khawatir

Kita semua merasa khawatir atau stres dari waktu ke waktu. Tetapi kecemasan bisa menjadi tanda masalah kesehatan mental jika terus-menerus dan mengganggu sepanjang waktu. Selain gejala kecemasan mungkin termasuk jantung berdebar-debar, sesak napas, sakit kepala, gelisah, diare atau pikiran balap.

2. Merasa tertekan atau tidak bahagia

Pernahkah kamu memperhatikan bahwa teman kamu kehilangan minat pada hobi yang biasa kamu bagikan? Jika mereka juga tampak sedih atau mudah tersinggung selama beberapa minggu terakhir atau lebih, kurang motivasi atau menangis sepanjang waktu, mereka mungkin sedang menghadapi depresi.

3. Ledakan emosional

Setiap orang memiliki suasana hati yang berbeda, tetapi perubahan suasana hati yang tiba-tiba dan drastis, seperti rasa tertekan atau marah yang ekstrem, dapat menjadi gejala penyakit mental.

4. Masalah tidur

Umumnya kita membutuhkan 7-9 jam tidur setiap malam. Perubahan terus-menerus pada pola tidur seseorang bisa menjadi gejala penyakit mental. Misalnya insomnia bisa menjadi tanda kecemasan atau penyalahgunaan zat terlarang. Tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat mengindikasikan depresi atau gangguan tidur.

Baca Juga: Yuk Ikuti 5 Tips untuk Meyakinkan Orang Tua Bahwa Kamu Sudah Dewasa

5. Berat badan atau nafsu makan berubah

Banyak dari kita ingin menurunkan berat badan beberapa kilogram, tetapi bagi sebagian orang berat badan yang berfluktuasi atau penurunan berat badan yang cepat bisa menjadi salah satu tanda peringatan penyakit mental, seperti depresi atau gangguan makan. Masalah kesehatan mental lainnya juga dapat mempengaruhi nafsu makan dan berat badan.

6. Selalu menyendiri

Kita semua terkadang membutuhkan waktu untuk menyendiri, tetapi menarik diri dari kehidupan, terutama jika ini adalah perubahan besar, dapat mengindikasikan masalah kesehatan mental. Jika teman atau orang yang dicintai secara teratur mengisolasi diri, mereka mungkin mengalami depresi, bipolar, gangguan psikotik, atau masalah kesehatan mental lainnya. Menolak mengikuti kegiatan sosial mungkin merupakan tanda bahwa mereka membutuhkan bantuan.

7. Merasa bersalah atau tidak berharga

Pikiran seperti ‘Saya gagal’, ‘Ini salah saya’ atau ‘Saya tidak berharga’ adalah tanda-tanda yang mungkin dari masalah kesehatan mental, seperti depresi. Teman atau orang yang kamu cintai mungkin membutuhkan bantuan jika mereka sering mengkritik atau menyalahkan diri sendiri. Saat parah, seseorang mungkin mengungkapkan perasaan untuk menyakiti atau bunuh diri. Perasaan ini bisa berarti orang tersebut ingin bunuh diri dan membutuhkan bantuan segera.

8. Perubahan perilaku atau perasaan

Penyakit mental dapat dimulai sebagai perubahan halus pada perasaan, pemikiran, dan perilaku seseorang. Perubahan yang sedang berlangsung dan signifikan bisa jadi merupakan tanda bahwa mereka sedang mengalami masalah kesehatan mental. Jika ada sesuatu yang tampaknya ‘tidak beres’, penting untuk memulai percakapan tentang mendapatkan bantuan.

Untuk kamu yang saat ini sedang galau atau memiliki masalah kehidupan terkait dengan psikologi, #tanyakakrani. Hubungi kontak person Kak Rani (Maharani K., M. Psi), Psikolog Klinis Dewasa dan Anak yang sangat professional. Kamu akan mendapatkan berbagai jawaban dan solusi atas semua kegundahan yang sedang kamu rasakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here