Kenali Sumber Gizi Terbaik untuk Si Kecil Agar Bisa Tumbuh Secara Optimal

Tanya Kak Rani – Walaupun Bunda memberikan si kecil makan tiga kali sehari, belum tentu ia akan selalu bisa tumbuh sehat. Mungkin saja makanan yang selalu di makan tidak mempunyai kandungan gizi yang cukup untuk membantunya bertumbuh dan berkembang. Bunda dan Ayah sangat perlu memperhatikan keperluan gizi untuk si kecil dengan cara menyediakan makanan yang sehat.

Apabila Bunda dan Ayah memiliki pertanyaan seputar pemberian gizi untuk si kecil, maka solusinya adalah dengan TANYA KAK RANI. TANYA KAK RANI merupakan sebuah wadah dimana para orangtua bisa menyalurkan keresahan atau bertanya tentang gizi dan stimulasi untuk si kecil kepada Kak Rani yang merupakan seorang psikolog profesional.

Telah disebutkan bahwa Bunda sangat perlu memperhatikan asupan zat gizi yang Bunda berikan pada si kecil supaya bisa membantu tumbuh kembangnya selalu optimal. Maka menyediakan makanan sehat adalah salah satu caranya. Tetapi sebelum memberikan asupan sehat yang tentunya bergizi, akan sangat lebih baik apabila Bunda mengenali lebih dulu apa saja 10 nutrisi penting untuk si kecil berikut ini, antara lain:

Asam Lemak Esensial

Ternyata asam lemak esensial ini mempunyai segudang manfaat baik untuk si kecil. Zat gizi yang satu ini bisa membantu si kecil dalam mengatur sistem saraf, memperkuat sistem kekebalan tubuh, memperlancar aliran darah, membantu tubuh dalam menyerap nutrisi, dan membantu pembentukan sel. Di sisi lain asam lemak esensial juga dibutuhkan untuk mempertahankan fungsi otak yang biasanya mengatur indra penglihatan anak. Bunda bisa memberikan zat gizi yang satu ini melalui ikan tuna, telur, dan kacang-kacangan.

Kalsium

Mungkin Bunda sudah mengetahui bahwa kalsium adalah salah satu zat gizi yang paling penting untuk diperoleh pada tubuh si kecil. Kalsium ini dapat berfungsi untuk membantu pertumbuhan gigi dan tulang yang kuat, membantu proses pembekuan darah, membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi, dan menjaga fungsi otot serta saraf yang sehat. Bunda dapat memberikan gizi kalsium pada si kecil dengan memberikan ikan, susu, dan keju.

Baca Juga: Dua Unsur Gizi yang Penting Penunjang Cara Kerja Otak Anak

Apabila Bunda dan Ayah memiliki pertanyaan seputar pemberian gizi untuk si kecil, maka solusinya adalah dengan TANYA KAK RANI. TANYA KAK RANI merupakan sebuah wadah dimana para orang tua bisa menyalurkan keresahan atau bertanya tentang gizi dan stimulasi untuk si kecil kepada Kak Rani yang merupakan seorang psikolog profesional.

Zat Besi

Unsur yang berperan dalam produksi pigmen merah pembawa oksigen dalam darah atau hemoglobin dan pigmen yang menyimpan oksigen dalam otot atau mioglobin ini merupakan fungsi dari unsur zat besi. Ketika si kecil kekurangan zat besi maka dia bisa mengidap anemia. Apabila buah hati Bunda mengalami kondisi seperti ini, maka ia akan cenderung merasa lemas, lelah, dan lebih mudah tersinggung. Bunda perlu memberikan zat besi untuk si kecil melalui makanan yang kaya akan zat besi seperti ikan, daging, dan kuning telur.

Vitamin A

Salah satu nutrisi yang dikenal sangat baik untuk menjaga kesehatan mata adalah vitamin A. Selain itu, vitamin A juga bisa menjaga pertumbuhan tulang dan membantu untuk melindungi tubuh dari infeksi, serta menunjang kesehatan dan pertumbuhan sel-sel maupun jaringan yang ada dalam tubuh. Bunda dapat memberikan vitamin A pada si kecil melalui sumber makanan seperti buah-buahan yang berwarna cerah, hati ayam, daging sapi, dan susu.

Untuk kamu yang saat ini sedang galau atau memiliki masalah kehidupan terkait dengan psikologi, #tanyakakrani. Hubungi kontak person Kak Rani (Maharani K., M.Psi), Psikolog Klinis Dewasa dan Anak yang sangat profesional. Kamu akan mendapatkan berbagai jawaban dan solusi atas semua kegundahan yang sedang kamu rasakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here