Konsultan psikologi – Sering kali kita berharap keinginan kita sebagai orang yang memiliki persaan dapat terpenuhi, dalam hal ketika kita menyukai orang yang menurut kita menarik. Kita begitu berjuang mendapatkan cintanya dan berharap dia juga punya perasaan yang sama atau setidaknya mencoba menerima kita yang bermodalkan ketulusan. Tetapi ketika jawaban yang kamu terima tidak sesuai, seperti dia menolakmu, sama sekali tak menaruh hati padamu, batinmu sesak. Kamu seolah benar-benar terpuruk dan sangat sulit untuk bangkit, pada saat inilah biasanya kamu menganggap tak layak dan mulai menaruh rasa kecewa terhadap diri sendiri.

Mari kita lanjutkan dengan satu pertanyaan yang harus kamu jawab, kapan terakhir kali kamu menghargai diri sendiri? Melakukan sesuatu yang membuat dirimu merasa berarti dengan apresiasi dari dirimu sendiri. Jika jawabannya sangat lama sekali atau bahkan kamu tak tahu jawabannya maka ini merupakan kesalahan yang biasa dilakukan oleh banyak orang terhadap dirinya yaitu jarang menghargai diri sendiri.

Memang dengan menghargai diri sendiri tidak lantas menjadikan penolakan itu menjadi penerimaan, langsung membuat tambatan hati jatuh cinta padamu, bukan itu poinnya. Namun dengan menghargai diri sendiri akan menyadarkanmu bahwa kamu juga layak mendapatkan yang terbaik, meski mendapat penolakan berkali-kali. Untuk itu ada baiknya kamu menghargai diri sendiri dulu sebelum mencintai seseorang, lalu apa alasan mengapa kita harus menghargai diri sendiri sebelum jatuh cinta?

Agar memilih pasangan tak sebagai pelengkap saja

Memang hidup hidup rasanya tidak lengkap jika kita tak memiliki pasangan, beberapa orang terburu-buru menentukan pasangan atau menjalin hubungan dengan dalih ingin membahagiakan pasangan tersebut, padahal kenyataanya beberapa masih kesulitan untuk membahagiakan diri, sebelum memutuskan berpasangan pastikan dirimu sendiri dulu sudah bahagia sehingga kamu jadi tahu bagaimana cara membahagiakan orang lain dan otomatis kehidupanmu setelah menikah akan lebih bahagia.

Tak membuang waktu menunggu jodoh datang

Dengan menghargai diri sendiri artinya kamu sedang membangun kepercayaan diri, kamu semakin sadar bahwa dirimu bernilai, tak terpuruk untuk berdiam diri pasrah membiarkan nasib membawamu pada arah yang tak jelas, dengan menghargai diri sendiri kamu lebih percaya diri untuk bangkit dari mencari dan kamu lebih paham orang seperti apa yang sebenarnya kamu cari dan cocok denganmu.

Dapat menghargai kekurangan calon pasangan

Orang yang sadar bahwa dirinya memiliki kekurangan dan dengan hati yang lapang menerimanya tanpa pasrah dengan terus menerus melakukan perbaikan, akan lebih mudah nantinya memandang kekurangan pasangan merupakan sesuatu yang harus kita terima juga tanpa mengurangi rasa cinta kita terhadapnya. Jika tidak maka dia akan selalu merasa kurang dan tak akan menemukan orang yang pas dengannya.

Menyadarkan bahwa ada banyak hal yang diurus selain asmara

Beberapa orang masih menganggap bahwa sebagian besar hidup ini hanya berisi tentang asmara semata, padahal ada cinta-cinta lain yang tak boleh luput dari kehidupan kita, ada lebih banyak orang lagi yang harus kita bahagiakan selain pasangan kita kelak, seperti orangtua, sahabat, saudara dan sebagainya. Dengan menyebarkan kepedulian terhadap sesama itu merupakan cinta yang juga luar biasa karena ini bisa jadi sebagai sarana untuk membahagiakan diri sendiri dengan bisa lebih bermanfaat bagi orang lain.

Baca juga: Ciri-ciri Sahabat Sejati yang Layak Kamu Pertahankan

Lebih berani jujur pada diri sendiri

Jika kamu sudah bisa menghargai diri sendiri kamu jadi lebih tahu mana hal yang patut dikompromikan dan mana yang tidak. Kamu tidak mudah membuang waktumu untuk perjuangan yang sia-sia karena kamu tidak naif untuk membiarkanmu terjebak pada cinta yang salah. Kamu tahu mana yang sebenarnya baik untukmu mana yang tidak meskipun sebenarnya hatimu menginginkannya namun kamu bisa lebih realistis jujur pada diri sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here