Penting Memberikan Bekal Anak untuk Masa Depan, Yuk Kenali Karakternya!

Ada banyak hal yang ditanyakan kepada orang tua mengenai putra putri mereka. Misalnya tentang prestasi, tingkat kecerdasan, kegemaran, dan hal yang lain. Namun, seluruh orang tua lebih mengedepankan masa depan anak agar mereka siap menghadapi rintangan yang akan menghampiri nanti dalam kehidupannya. Jika kamu menjadi orang tua, pastinya sangat menginginkan putra putrimu menjadi seseorang yang sukses dalam kehidupannya kelak. Menjadi putra dan putri yang membanggakan orang tua, Negara, Bangsa, dan Agama. Itulah doa orang tua yang dipanjatkan untuk putra putrinya. Namun kesuksesan putra putrimu tidak hanya mengandalkan bakat, kecerdasan, dan keterampilan saja. Mereka harus kamu bekali dengan berbagai karakter atau sifat yang dapat mereka gunakan di masa depannya. Karena mereka adalah makhluk sosial yang kelak akan berkumpul dengan orang banyak ketika dewasa nanti.

Lalu penanaman karakter atau kepribadian yang seperti apa yang bisa orang tua lakukan untuk putra putrid mereka? Yuk simak dan terapkan ulasan berikut ini!

1.    Menanamkan Jiwa Yang Mandiri

Hal pertama yang perlu kamu lakukan agar putra putrimu siap menghadapi masa depan adalah dengan membekali mereka dengan menanamkan jiwa yang mandiri agar esok tidak terlalu merepotkan orang lain yang ada di sekitarnya. Kamu bisa melatih anak dengan memberikan tanggungjawab terlebih dahulu untuk melakukan tugas mengemas kamarnya sendiri misalnya, kamu juga bisa melakukan dengan melatih anak untuk makan sendiri tanpa disuapi, mandi sendiri, menyiapkan buku-buku sekolah, dan masih banyak hal lagi. Saat melatih anak semacam itu, kamu juga harus memberikan pengertian kepada anak bahwa dia harus melakukan hal tersebut agar tanggungjawab dan mandiri. Jika dia masih bisa melakukan sesuatu, maka jangan minta tolong pada orang lain. Dengan Begitu kepercayaan diri pada mereka lambat laun akan tumbuh.

2.    Rasa Percaya Diri

Di saat putra putrimu memiliki rasa percaya diri, maka mereka akan berani melakukan hal apa saja terutama hal yang dia sukai. Dengan keberanian, mereka bisa mengeksploitasi atau mengeluarkan bakat, hobi, dan kemampuan lain yang mereka miliki. Ada cara yang bisa kamu lakukan untuk melatih putra putrimu memiliki keberanian dan percaya diri. Yaitu dengan menyuruh mereka mengikuti lomba yang disaksikan banyak orang, kamu mulai tidak menemani tidurnya, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 7 Hal yang Harus Dipahami Seseorang yang Sudah Dewasa

3.    Pantang Menyerah

Selanjutnya adalah dengan melatih putra putrimu menyelesaikan sesuatu hal yang mereka lakukan. Jika mereka belum bisa melakukannya, maka kamu juga harus memberikan support semangat namun jangan membantunya. Dengan begitu jiwa pantang menyerah akan tumbuh dalam dirinya. Berikan mereka reward jika mereka bisa melakukannya atau ketika mereka sudah mulai bosan. Hal tersebut berguna untuk menumbuhkan semangatnya lagi.

4.    Cerdik

Untuk memberikan bekal kepada putra putrimu, maka kamu juga harus memberikan stimulus kepada mereka agar senang untuk berpikir. Berikan kamu bisa memberikan sugesti kepada mereka bahwa orang yang suka berpikir, maka akan mudah melakukan sesuatu dan sedikit kesalahan. Orang yang cerdik bisa melakukan banyak hal yang dia inginkan. Oleh sebab itu, latihlah mereka untuk berpikir, agar esok mereka bisa berpikir bagaimana cara menuntaskan masalah yang mereka hadapi di masa depan dengan baik dan efektif.

5.    Jiwa Sosialisasi Yang Tinggi

yang terakhir adalah dengan menumbuhkan jiwa sosialisasi kepada putra putrimu agar mereka bisa menyesuaikan keadaan dan situasi saat bertemu dengan orang banyak. Ajari anak sosialisasi dengan baik kepada keluarga, teman, dan tetangga terlebih dahulu.

Untuk kamu yang saat ini sedang galau atau memiliki masalah kehidupan terkait dengan psikologi, #tanyakakrani. Hubungi kontak person Kak Rani (Maharani K., M. Psi), Psikolog Klinis Dewasa dan Anak yang sangat professional. Kamu akan mendapatkan berbagai jawaban dan solusi atas semua kegundahan yang sedang kamu rasakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here