Konsultan psikologi – Salah satu permasalahan yang paling umum orang-orang masa kini alami adalah kurangnya percaya diri, meski pada hal yang mungkin bagi orang lain terkesan remeh namun tetap kita tidak boleh memandang hal ini sebagai permasalahan yang sepele. Ada banyak dampak yang bisa menimpa orang yang memiliki masalah kepercayaan diri, misalnya seperti tidak bisa berekspresi atas apa yang sedang dia rasakan bahkan kepada orang-orang terdekat, atau merasa minder karena berpikir tidak memiliki kemampuan apapun untuk dibanggakan.

Untuk itulah ada baiknya kita memahami hal-hal apa saja yang membuat kita menjadi tak percaya diri, agar kedepannya kamu bisa mengatasi masalah tersebut. Dibawah ini terangkum beberapa penyebab yang membuatmu jadi tak percaya diri.

Takut berbuat salah

Rasa tidak percaya diri bisa berawal dari pikiran yang menganggap bahwa segala sesuatunya harus dilakukan secara sempurna tanpa kesalahan, itulah yang membuat kita jadi tak percaya diri melakukan sesuatu karena tak akan bisa melakukannya dengan ekspektasi yang begitu tinggi, bahkan kita jadi tak percaya diri mencoba hal baru dalam hidup karena takut salah, padahal salah itu adalah hal yang manusiawi yang semua orang tentu pernah melakukannya.

Untuk mengantisipasinya kamu perlu meyakinan diri bahwa tidak ada salahnya mencoba hal baru, jikapun nanti kamu melakukan kesalahan anggap itu pelajaran yang dapat membuatmu belajar menjadi lebih baik lagi.

Malu untuk berani beda

Tak sedikit dari kita yang menganggap bahwa orang-orang yang berani untuk tampil beda adalah keanehan. Padalah berani beda dari yang lain adalah juga bentuk dari cara kita untuk mengekspresikan diri.

Kalau kamu terus menahan diri dengan melakukan hal yang sama dengan kebanyakan orang maka selamanya kamu tidak akan menjadi apa-apa. Secara tidak langsung kamu telah menutup jati dirimu sendiri.

Sering membandingkan diri dengan orang lain

Sesekali kita memang perlu melihat pencapaian orang lain agar termotivasi untuk bergerak menjadi lebih baik lagi, namun bila melakukan perbanding yang mengarah pada munculnya rasa minder dan menyalahkan diri karena tak mampu mengikuti jejaknya adalah sebuah kesalahan dan membuat rasa percaya dirimu terkikis.

Biar bagaimanapun juga pencapaian yang kamu lihat pada diri orang lain merupakan hasil dari kerja kerasnya, bukan berarti kamu tidak bisa namun untuk menjadi sepertinya kamu juga harus sabar melewati prosesnya, bukan malah minder dan meragukan diri sendiri.

Tak bisa memaafkan masa lalu

Inilah kesalahan yang jarang sekali disadari oleh orang-orang yang kurang percaya diri, membiarkan dirinya menjadi tawanan masa lalu dan tak berusaha berdamai dan memaafkan apa yang sudah terlewat. Jika kamu membiarkan ini terus menerus akan berimbas pada menipisnya rasa percaya diri, loh!

Jika kamu masih hidup dalam bayang-bayang masa lalu apa lagi beranggapan bahwa masa lalu lebih indah dibanding hidupmu yang sekarang justru akan menciptakan pikiran yang negatif seperti tidak yakin di depan hidupmu akan lebih baik atau tidak.

Tidak mengenal dirinya sendiri

Orang yang dapat mengekspresikan perasaanya adalah orang yang sudah mengenal siapa dirinya. Artinya dia sudah mengetahui tentang kekurangan dan kelebihan yang ada pada dirinya. Nah kebanyakan dari kita adalah masih bingung tentang dirinya sendiri sehingga itu menjadi penghambat dan ujungnya justru membuat kita menjadi merasa rendah.

Baca juga: Hal Yang Patut Kamu Ingat Sebelum Memutuskan Menyerah

Itulah beberapa hal yang menjadi penghambatmu untuk lebih percaya diri, dengan mengetahui penyebabnya kamu akan lebih mudah lagi untuk membenahi diri dan melakukan perbaikan agar lebih percaya diri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here