Terapkan Tips Ini Saat Anak Demam!

Pastinya sebagai orang tua, kamu tidak ingin anakmu sakit. Walaupun itu tergolong sakit ringan misalnya, batuk pilek, gatal, dan pusing. Namun yang namanya anak kecil, pastinya sering mengalami demam, yang disebabkan oleh banyak faktor.  Pastinya pada saat anak deman, suhu tubuh anak meningkat, itu menyebabkan anak kurang bisa tidur. Simak tips berikut saat anak demam!

1. Gunakan Air Hangat Untuk Mengompres

Tips pertama yang perlu kamu lakukan saat anak kamu demam adalah dengan mengompresnya menggunakan air hangat.  Kompres dahi anak sampai demamnya turun. Air hangat mengandung efek evaporasi yang dapat menimbulkan penguapan melalui pori-pori pada kulit. Karena mengompres dengan air hangat dipercaya turun temurun dapat menurunkan demam pada anak.

2. Berikan Anak Air Putih Yang Banyak

Tips selanjutnya adalah banyak mengkonsumsi air putih. Mengapa demikian? Karena cairan dalam tubuh menguap pada saat anak mengalami deman. Akibatnya, anak mudah merasakan haus dan dehidrasi. Oleh sebab itu kamu harus mencukupi cairan pada saat anak kamu demam, agar tidak mengalami dehidrasi. Dan perlu kamu ingat, ketika anak deman cobalah hindari minuman seperti the dan kopi, karena kedua minuman itu mengandung kafein, hindari minuman bersoda.  Karena bisa mengakibatkan bertambahnya dehidrasi.

3. Perbanyak Konsumsi Buah

Buah adalah salah satu sumber vitamin untuk tubuh, vitamin yang terdapat di dalam buah, dapat meningkatkan sistem imun untuk kekebalan tubuh. Agar suhu tubuh anak segera menurun, harus perbanyak konsumsi buah terutama pada buah pisang. Buah pisang mengandung kalium yang dapat menurunkan panas demam anak. Jangan lupa berikan buah-buahan segar yang masih fresh agar kekebalan dan sistem imun pada tubuh anak meningkat.

Baca Juga: Tips Karyawan Cerdas Agar Disukai Pimpinan

4. Perbanyak Makanan Mengandung  Protein

Tips selanjutnya adalah berikan anak makanan yang mengandung protein. Karena makanan yang mengandung protein dapat membantu menggantikan energy yang keluar saat anak sedang demam. Berikan protein nabati seperti yang terkandung dalam tahu dan tempe atau protein hewani yang terkandung dalam daging ayam, telur, dan daging sapi. Dengan banyak mengkonsumsi protein, akan meningkatkan kekebalan tubuh pada anak.  Setelah suhu tubuh anak kembali normal, sumber protein yang didapat akan membantu mempercepat proses pemulihan. Selain protein, makanan yang mengadung probiotik seperti yogurt dan tempe dapat membantu menurunkan panas demam anak.

5. Pastikan Ruang Kamar Anak Sejuk dan Pakaikan Baju Yang Membuatnya Nyaman

Tips yang terakhir adalah jika tubuh anakmu demam jagalah kesejukan ruang kamar anakmu serta pakaikan baju yang membuatnya nyaman. Semisal ruang di dalam kamar anakmu memiliki suhu yang panas maka kamu dapat menyelamatkan kipas angina tau AC namun dengan tingkat kedinginan yang sewajarnya. Hal itu dilakukan agar ruangan di dalam kamar menjadi sejuk.

Kamu juga harus bisa menyesuaikan pakaian yang cocok dipakai untuk anakmu. Jika demam anak tidak terlalu tinggi, dan merasa gerah maka pakaikan baju yang tidak terlalu tebal. Namun, jika panas demam anak tinggi disertai menggigil, kamu bisa memakaikan syal atau selimut agar tubuh anakmu hangat dan tidak merasa kedinginan.

Itu dia tips-tips yang dapat kamu lakukan pada saat sang buah hati mengalami panas demam. Perlu kamu ingat jika sudah beberapa hari panas demam anak tidak kunjung turun, maka segeralah bawa ke rumah sakit, dokter praktek, atau klinik kesehatan. Agar anakmu diberikan perawatan yang benar dan baik. Kesehatan nomor 1 lho ya!

Untuk kamu yang saat ini sedang galau atau memiliki masalah kehidupan terkait dengan psikologi, #tanyakakrani. Hubungi kontak person Kak Rani (Maharani K., M. Psi), Psikolog Klinis Dewasa dan Anak yang sangat professional. Kamu akan mendapatkan berbagai jawaban dan solusi atas semua kegundahan yang sedang kamu rasakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here