Yuk Ikuti 4 Tips Agar Uang Gajian Tidak Cepat Habis

Siapa sih yang tidak senang saat menerima uang gaji atau waktu gajian telah tiba? Entah itu gaji harian, mingguan, ataupun bulanan. Bagi siapa saja yang melakukan sebuah pekerjaan, pastinya akan menunggu hasil yang akan di dapat selama dia bekerja. Itulah yang dirasakan dan dijalankan oleh setiap karyawan atau pegawai. Mereka yang menjadi pegawai entah swasta maupun negeri, tetap maupun tidak tetap. Selalu menunggu waktu saat mereka menerima upah atau gaji hasil kerjanya selama ini. Namun, banyak para pegawai yang merasa bahwa uang hasil kerja atau gaji tersebut lenyap dalam sekejab kata lainnya habis. Apakah kamu juga pernak memiliki masalah semacam itu? Perlu kamu tahu bahwa hal tersebut terjadi karena kamu kurang bisa memanage uang yang kamu miliki setelah gajian.

Jika kamu pernah mengalami hal semacam itu atau sampai saat ini kamu tidak memiliki tabungan dari uang gajianmu karena selalu habis dalam sekejab? Yuk ikuti, simak, dan terapkan ulasan berikut ini!

1.    Mengatur dan Membagi Uang Gaji

Tips pertama yang perlu kamu lakukan agar uang gajianmu tidak cepat habis adalah dengan mengatur dan membaginya. Maksudnya adalah setelah kamu menerima uang gaji tersebut, kamu membagi dan mengatur untuk keperluan 1 bulan ke depan. Misalnya, jika kamu adalah seorang pegawai perempuan yang masih single belum menikah. Pastinya kamu juga melakukan perawatan dan membeli produk perawatan untuk merawat kulit wajah serta badanmu. Nah, ketika kamu sudah mendapatkan uang gaji kamu bisa membagi antara uang untuk perawatan kulit, nongkrong, menabung, membeli kebutuhan untuk hidup sehari-hari, membeli paketan, dan yang lain. Ketika kamu sudah mengatur dan membagi uang gajian tersebut, kamu tidak akan pernah kehabisan uang gajian dalam sekejab.

2.    Mencatat Setiap Pengeluaran

Tips selanjutnya adalah dengan mencatat setia pengeluaran yang kamu lakukan setiap harinya. Catatlah setiap pengeluaranmu dalam keseharian dan jika ada pengeluaran yang mendadak. Dengan mencatat setiap pengeluaran yang akan kamu lakukan dalam keseharian, maka kamu bisa membedakan mana jenis pengeluaran yang penting dan tidak. Dengan begitu kamu tidak akan hidup dengan keborosan.

Baca Juga: 5 Tips Agar Anak Tenang Saat Ikut Pergi Berbelanja

3.    Membuat 2 Buku Tabungan

Tips yang selanjutnya adalah dengan membuat 2 buku rekening tabungan.  Tips ini perlu kamu coba karena cukup ampuh untuk di terapkan. Kamu bisa menggunakan rekening yang pertama untuk menyimpan uang yang dibutuhkan sehari hari. Rekening yang kedua khusus untuk menabung. Jika rekening kamu hanya 1, biasanya kamu akan lebih sering menarik tunai di ATM dengan mudah karena sering tergoda untuk membeli sesuatu yang diinginkan dan menarik hati. Nah jika kamu membuat 2 ATM, maka atm yang satu jangan kamu buatkan ATM agar tidak mudah untuk mengambilnya.

4.    Menghindari Kredit

Tips selanjutnya jika kamu ingin uang gajimu tidak cepat habis, yaitu dengan menghindari pembelian barang secara kredit. Lebih baik kamu menabung terlebih dahulu jika ingin membeli barang tersebut. Mengapa demikian? Karena jika kamu mengambil jalur kredit, sudah dipastikan kamu akan menguras kantongmu untuk membayar cicilan barang tersebut. Apalagi juga barang tersebut berupa barang mewah. Misalnya, mobil atau motor. Jadi, menabunglah terlebih dahulu untuk jika ingin membeli barang tersebut dan belilah secara cash jika sudah uang terkumpul.

Untuk kamu yang saat ini sedang galau atau memiliki masalah kehidupan terkait dengan psikologi, #tanyakakrani. Hubungi kontak person Kak Rani (Maharani K., M. Psi), Psikolog Klinis Dewasa dan Anak yang sangat professional. Kamu akan mendapatkan berbagai jawaban dan solusi atas semua kegundahan yang sedang kamu rasakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here