Yuk Ikuti 5 Tips Agar Anak Gemar Menulis!

Sebagai orang tua pastinya menginginkan putra putrinya memiliki kegemaran atau hoby yang positif, misalnya adalah gemar menulis. Jika anak kamu memiliki hoby atau gemar menulis, pastinya kamu sebagai orang tua sangat mendukung kegemaran putra putri anda tersebut. Karena literasi banyak memiliki sisi positif. Contohnya adalah ketika putra putrimu gemar akan menulis, dia bisa menulis berbagai karya seperti cerpen, tulisan poster, perancang promosi, novel, buku, dan masih banyak lagi segi positif yang bisa putra putrimu dapatkan. Perlu kamu ketahui bahwa gemar menulis itu tidak sama dengan bisa menulis. Bagi putra putrimu yang gemar menulis, berarti dia memang hobi akan menulis. Entah apa yang dia rasakan, yang di lakukan, bisa saja menjadi bahan tulisan yang dia siratkan pada tulisan mereka.

Namun, untuk menumbuhkan jiwa penulis atau gemar menulis pada putra putrimu tidak mudah seperti mengajarinya menulis. Kamu harus menumbuhkan rasa suka mereka kepada setiap karya tulis. Lalu bagaimana cara menumbuhkan kegemaran putra putrimu untuk menulis? Yuk simak dan terapkan ulasan berikut ini!

1.    Mengikuti Kelas Literasi

Tips pertama yang perlu kamu lakukan untuk melatih putra putrimu agar gemar menulis adalah dengan mengikutkan mereka dalam kelas menulis. Di dalam kelas menulis, putra putrimu akan dilatih dengan khusus bagaimana mereka menyukai terlebih dahulu dengan namanya literasi. Mereka juga akan memilih jenis literasi apa yang akan dipelajari dan mendalami terlebih dahulu. Karena menumbuhkan minat menulis itu penting agar gemar menulis.

2.    Buatlah Mereka Bebas

Selanjutnya ketika putra putri kamu sedang melaksanakan apa yang dia suka misalnya melakukan corat-coret buku tulis dengan berbagai gambar dan tulisan yang mereka ketahui, berikanlah kebebasan mereka dalam melakukan hal tersebut selagi dalam mencoret hal yang positif. Dengan membiarkan putra putri kamu melakukan hal tersebut, maka akan terbantu perkembangan motorik mereka dalam mewujudkan dan menceritakan apa saja saja yang mereka pahami dan alami melalui karya coretan mereka.

Baca Juga: Yuk Ikuti 5 Tips untuk Meyakinkan Orang Tua Bahwa Kamu Sudah Dewasa

3.    Fasilitasi Putra Putrimu dengan Peralatan Menulis yang Bisa Mencuri Perhatian

Tips selanjutnya adalah dengan memberikan fasilitas menulis yang menarik perhatian putra putrimu agar lebih suka dengan literasi. Misalnya dengan memberikan alat-alat tulis berkarakter yang disukai oleh mereka. Hal tersebut akan menggugah semangat dan minat mereka dengan menulis.

4.    Suka Membaca dan Menulis Sudah Menjadi Pasangannya

Dalam menumbuhkan jiwa penulis kepada putra putri kamu agar gemar dalam menulis, kamu sebagai orang tua juga harus menggalakkan mereka agar gemar membaca. Karena suka menulis dan membaca adalah satu kesatuan. Kamu bisa memberikan koleksi buku-buku yang berpendidikan, buku motivasi, dan buku cerita positif serta menarik yang bisa menarik perhatian putra putrimu. Ketika mereka sudah gemar membaca, maka mereka akan memiliki keinginan untuk menulis karena membaca sebagai stimulus agar anak gemar menulis. Terutama menulis kembali apa yang mereka baca tadi, untuk mengasah setiap kata yang ada dalam cerita tersebut.

5.    Selalu Dampingi dan Memberikan Semangat

Tips terakhir yang perlu kamu lakukan agar putra putrimu gemar membaca adalah dengan selalu memberikan motivasi dan semangat. Tidak lupa, kamu juga harus mendampingi serta mengawasi setiap apa yang mereka tulis. Jika saat mereka menulis, ada tulisan yang negative atau tidak pantas untuk ditulis, maka kamu bisa menasehati dan memberikan contoh kata dalam penulisan yang benar. Kamu juga bisa menjelaskan bahwa menulis itu juga ada aturannya yaitu dengan kata yang baik, sopan, menarik, mudah dimengerti, dan mudah dipahami oleh mereka yang menulis maupun orang yang membacanya kelak.

Untuk kamu yang saat ini sedang galau atau memiliki masalah kehidupan terkait dengan psikologi, #tanyakakrani. Hubungi kontak person Kak Rani (Maharani K., M. Psi), Psikolog Klinis Dewasa dan Anak yang sangat professional. Kamu akan mendapatkan berbagai jawaban dan solusi atas semua kegundahan yang sedang kamu rasakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here