Yuk Ikuti 5 Tips untuk Meyakinkan Orang Tua Bahwa Kamu Sudah Dewasa

Sebagian dari orang tua, masih menganggap anak-anaknya yang sudah menginjak usia matang masih sama seperti mereka saat anak-anak. Misalnya masih belum memberi kepercayaan kepada anak-anaknya, padahal mereka sudah tumbuh dewasa. Seperti halnya ketika anak mengikuti kegiatan, jika orang tua masih menganggap diri mereka selayaknya masih anak-anak, maka akan selalu dihubungi dan begitu khawatir. Hal yang dilakukan oleh orang tua tersebut masih menandakan bahwa mereka belum percaya sepenuhnya oleh anak-anaknya. Namun, jika orang tua kamu sudah menganggapmu sudah matang dalam pemikiran dan umur, orang tua kamu pastinya akan memberi izin dan kebebasan untukmu melakukan hal yang positif atau sesuai dengan tupoksinya.

Bagaimana cara meyakinkan orang tua agar percaya bahwa kamu memang benar-benar sudah bisa bertanggungjawab dan bisa dipercaya? Yuk simak dan terapkan ulasan berikut ini!

1.    Mengurus Keperluan Pribadimu

Hal pertama yang perlu kamu lakukan agar orang tuamu percaya dengan kamu bahwa kamu sudah bisa berfikir matang dan bukan anak kecil lagi adalah dengan melakukan keperluan pribadimu sendiri saat berada di rumah. Misalnya, kamu sudah bisa merawat dirimu sendiri, bertanggungjawab dengan barang yang kamu miliki dan merawatnya dengan baik. Ketika bajumu sudah kotor, kamu mencuci bajumu sendiri tanpa disuruh mencuci oleh orang tuamu. Dan melakukan kegiatan yang menyangkut kepemilikanmu secara individu tanpa bantuan atau suruhan orang tua.

2.    Bersikap Toleran Kepada Orang Tua

Dalam keseharian di rumah, pastinya orang tua juga merasakan lelah dalam menjalani rutinitas. Oleh sebab itu, terkadang mereka ngomel tidak jelas dan membuatmu kesal mendengarkan omelannya. Kegiatan yang kamu lakukan menjadi santapan omelan orang tuamu. Jika kamu merasakan kesal dengan omelan orang tuamu, cobalah untuk menutupinya dan membicarakan apapun yang kamu lakukan kepada orang tuamu dengan sopan dan santun. Itulah tanda kamu menuju kedewasaan.

Baca Juga: Ada Masalah di Tempat Kerja? Sebagai Karyawan, Segera Selesaikan dengan Tips Ini!

3.    Berusaha Bangun Tidur Sendiri Lebih Awal

tips selanjutnya adalah dengan kamu melakukan bangun lebih awal di pagi hari tanpa harus dibangunkan orang tuamu. Jika hal itu sudah bisa kamu lakukan, maka orang tuamu akan percaya dan yakin bahwa kamu memang sudah memiliki tanggungjawab dan rasa disiplin pada dirimu yang merupakan jiwa dari kedewasaanmu. Lakukan hal tersebut untuk meyakinkan orang tuamu.

4.    Sharing Dengan Orang Tua

Anak yang sudah mulai tumbuh pada tahap kedewasaan, pastinya sering mengalami masalah terkait asmara pastinya. Dengan menceritakan atau sharing sedikit pengalaman dan perasaan tentang kisah asmaramu kepada orang tua, hal itu bisa menjadi pancingan untuk memberi kode kepada pada orang tuamu bahwa kamu bukan anak kecil lagi. Kamu juga bisa menanyakan sebuah solusi kepada mereka ketika jalan asmaramu terjadi permasalahan. Biasanya, orang tua kamu juga akan memberi saran dan cerita kisah asmara mereka dulu.

5.    Jika Kamu Bersalah, Maka Akuilah

Tips terakhir yang membuat orang tuamu yakin bahwa kamu bukan anak kecil lagi, adalah dengan mengakui setiap kesalahan yang telah kamu lakukan. Karena menunjukkan kejujuran kepada orang tua kamu walaupun kamu salah, adalah bentuk dari jiwa kedewaasaan yang kamu miliki. Jika salah mengatakan salah, jika benar mengatakan benar. Cobalah meyakinkan kedua orang tuamu dengan pengakuan dan kejujuran yang kamu miliki ketika kamu melakukan kesalahan. Tidak hanya itu, kamu juga akan memperbaiki dan mempertanggungjawabkan kesalahan yang kamu lakukan.

Untuk kamu yang saat ini sedang galau atau memiliki masalah kehidupan terkait dengan psikologi, #tanyakakrani. Hubungi kontak person Kak Rani (Maharani K., M. Psi), Psikolog Klinis Dewasa dan Anak yang sangat professional. Kamu akan mendapatkan berbagai jawaban dan solusi atas semua kegundahan yang sedang kamu rasakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here