Yuk Ikuti Tips Agar Keluarga Betah di Rumah

Pastinya seluruh keluarga memiliki kegiatan masing-masing. Anak-anak yang memiliki kegiatan belajar, ayah dan ibu sibuk dengan pekerjaan. Tentunya membuat tubuh menjadi lelah. Untuk mengobati rasa lelah, letih, dan jenuh yang melanda. Pada umumnya seseorang akan pergi untuk refreshing. Padahal, tidak semua refreshing harus dilakukan di luar rumah. Kamu melakukan refreshing di dalam rumah bersama keluarga. Lalu bagaimana cara agar refreshing bisa dilakukan di rumah? Karena agar anggota keluarga betah di rumah, pastinya perlu menciptakan suasana yang hangat dan nyaman. Ini dia cara ampuh agar keluarga betah di rumah!

1. Memperhatikan Suasana dan Lingkungan Rumah

Perhatikan suasana rumah, buatlah rumah menjadi bersih dan rapi. Kamu tidak perlu mengganti beberapa perabot rumah dengan yang baru jika tidak memiliki budget yang cukup. Jika memiliki uang lebih silahkan saja untuk mengganti. Cobalah untuk meminimalisir barang di rumah anda, agar rumah tidak terlihat penuh. Jangan biarkan barang-barang di rumah anda menjadi berantakan. Singkirkan barang-barang yang sekiranya sudah tidak kamu butuhkan. Ruangan yang lapang akan terasa nyaman jika di pandang.

2. Nyalakan Lilin Aromaterapi

Agar kamu dan keluarga bisa melakukan relaksasi walau hanya di rumah, kamu bisa menyalakan lilin aromaterapi. Pastikan rumahmu terasa nyaman, hangat, dan tenang.  Kamu bisa meletakkan lilin aromaterapi di setiap sudut ruangan. Misalnya di ruang keluarga, ruang TV, ruang tamu, kamar mandi, kamar tidur, dan ruangan lain yang kamu miliki.

3. Relaksasi Bersama Keluarga di Rumah

Tips selanjutnya adalah melakukan relaksasi bersama keluarga di rumah. Jika kamu dan keluarga ingin merefresh pikiran dan ketegangan pada tubuh saat hari-hari full bekerja, maka kamu bisa melakukannya di rumah saja tanpa harus keluar dan mengeluarkan banyak biaya. Lakukan berbagai olahraga yang sekiranya dapat dilakukan di rumah, kamu juga bisa melakukan yoga di halaman rumah bersama kelurga untuk merelaksasi pikiran dan tubuh.

Baca Juga: Anak Susah Makan? Yuk Atasi dengan 5 Tips Ini!

Saat sore hari datang berkumpul bersama keluarga sambil menyeduh teh, kopi, atau membuat jus, adalah hal yang menyenangkan. Dengan berbincang seru sambil ngemil makanan yang disiapkan, atau bisa melakukan hal lain yang menjadi kegemaran keluarga anda. Bermain video game dan nonton film di rumah juga bisa lho.

4. Menikmati Camilan Kesukaan Bersama Keluarga

Jika kamu memiliki hoby memasak buatlah acar memasak bersama keluarga. Misal dengan membuat kue kering nastar atau yang lain. Wah enak banget tuh pastinya. Dan setelah acara membuat kue selesai, jangan tinggalkan momen seru bersama keluarga untuk mencicipi kue hasil buatan bersama sambil menonton acara TV kesukaan.

5. Undanglah Teman dan Sahabatmu

Ini dia tips seru selanjutnya. Kamu pasti suka kan jika teman dan sahabatmu main ke rumah? Rumah tidak akan sepi. Pastinya akan banyak kegiatan yang dapat kamu lakukan pada saat teman atau sahabatmu main ke rumahmu. Bisa bermain video game, nonton film, masak bareng, dan masih banyak hal lain yang dapat dilakukan dan pastinya bikin seru.

6. Istirahat Menggunakan HP dan Laptop

Buatlah seru quality time mu saat di rumah. Refresh pikiran dengan kegiatan yang berhubungan dengan gadget atau laptop. Jika kamu ingin menonton film, kamu bisa menonton lewat layar TV. Jika kamu menggunakan hp atau laptop, pastinya kamu akan berfikir dengan pekerjaan. Pada saat kamu di rumah bersama keluarga, fokuslah dalam hal itu jangan memikirkan hal lain termasuk pekerjaan.

Untuk kamu yang saat ini sedang galau atau memiliki masalah kehidupan terkait dengan psikologi, #tanyakakrani. Hubungi kontak person Kak Rani (Maharani K., M. Psi), Psikolog Klinis Dewasa dan Anak yang sangat professional. Kamu akan mendapatkan berbagai jawaban dan solusi atas semua kegundahan yang sedang kamu rasakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here