Yuk Ikuti Tips Ini Agar Keluarga Kecilmu Terhindar dari Perceraian

Setiap orang yang memiliki hubungan, entah itu pacaran, persahabatan,  tunangan, bahkan keluarga yang terdiri atas anak, suami, dan istri pasti banyak masalah yang datang untuk menguji seberapa kuat, dan seberapa besar yang diberikan dalam setiap orang yang menjalani hubungan.  Bagi kamu yang sudah menikah, pastinya juga pernah mengalami permasalahan dalam kehidupan rumah tanggamu.

Padahal kamu menikah dengan seseorang yang juga mencintai dan menyayangimu.  Namun tidak bisa dipungkiri bahwa Tuhan dapat kapan pun menguji kesabaran dan kesetiaan setiap pasangan. Di saat ujian dari Tuhan datang, beberapa pasangan menjalani dengan berbeda-beda. Ada pasangan yang tidak kuat, dan memutuskan untuk berpisah. Ada pula pasangan yang menerima dengan pasrah, sabar, tawakal, dan selalu berdoa kepada Tuhan agar hubungannya akan baik-baik saja.

Pesan untuk para suami, jangan mudah menjatuhkan talak kepada istri. Karena menyesal datangnya itu belakangan. Sebuah pernikahan bukanlah permainan anak kecil, yang dapat kamu permainkan begitu saja. Yuk simak ulasan dibawah ini, terkait tips untuk menghindari perceraian dalam rumah tangga.

1. Selalu Diskusikan Setiap Masalah Yang Terjadi dalam Rumah Tanggamu

Dalam menjalani kehidupan rumah tangga pasti akan diuji dengan datangnya masalah. Entah itu masalah ekonomi, anak, dan yang lain. Ingat, jika kamu memiliki masalah di tempat kerjamu, jangan kamu bawa masalah tersebut di rumah. Karena itu bukanlah hal yang menunjukkan kedewasaan.  Karena sekecil apapun masalahnya, dapat berujung dengan perceraian.

Selesaikan masalahmu dengan suami dengan kepala dingin dan hati yang lapang. Jika kamu masih tersulut emosi maka diamlah agar tidak memperpanjang masalah. Kamu dapat membahas masalah tersebut saat emosimu sudah menurun. Diskusikan setiap masalah yang muncul dalam rumah tanggamu secara baik-baik. Dengan cara tersebut dapat meminimalisir adanya perdebatan, pertengkaran, yang berujung perceraian.

2. Tawarkan Solusi Terbaik

Salah satu cara yang efektif untuk menyelesaikan masalah dalam rumah tangga adalah dengan memberikan tawaran solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan yang ada. Kamu dan pasangan dapat mencobanya.

Baca Juga: Apakah Kamu Sudah Dewasa? Tanda-Tanda yang Muncul Saat Kamu telah Menginjak Dewasa

3. Selalu Positif Thinking

Tips selanjutnya adalah selalu berfikir positif. Cara berfikir seperti itu dapat membantu menghindari perceraian. Jangan berfikir bahwa perceraian adalah salah satu cara untuk menyelesaikan masalah. Karena masih banyak cara untuk menyelesaikan masalah secara baik-baik tanpa ada kata cerai. Semoga tips ini dapat membantu menyelesaikan masalah dan kondisi keluargamu kembali membaik. Selalu berpikirlah optimis dan positif.

4. Jangan Takut Untuk Menyelesaikan Masalah

Tips selanjutnya adalah jangan takut menghadapi sekaligus menyelesaikan masalah yang telah terjadi. Ada akibat, pasti ada penyebab. Jika dalam permasalahan ini kamu yang bersalah, maka kamu harus meminta maaf kepada pasanganmu. Jangan melemparkan kesalahan kepada pasanganmu, yang dapat menyebabkan pertengkaran dalam rumah tanggamu.

5. Saling Introspeksi Diri

Manusia memang bukanlah makhluk yang sempurna, setiap orang pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Saling introspeksi diri adalah hal baik yang dilakukan. Dengan introspeksi diri, seseorang dapat merasakan kekurangan dan kesalahan yang pernah diperbuat. Dan memiliki usaha untuk memperbaiki kesalahan yang pernah dilakukan, serta mencoba menghilangkan kebiasaannya yang buruk.

6. Jelaskan Jika Terjadi Kesalahpahaman

Kesalahpahaman adalah kunci dari sebuah pertengkaran. Jika semua itu tidak dijelaskan akan menjadi penyebab terjadinya perceraian. Karena pasangan akan hilang rasa percaya terhadap dirimu. Segeralah menjelaskan kesalahpahaman yang terjadi, kepada pasanganmu.

Untuk kamu yang saat ini sedang galau atau memiliki masalah kehidupan terkait dengan psikologi, #tanyakakrani. Hubungi kontak person Kak Rani (Maharani K., M. Psi), Psikolog Klinis Dewasa dan Anak yang sangat professional. Kamu akan mendapatkan berbagai jawaban dan solusi atas semua kegundahan yang sedang kamu rasakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here