Yuk Simak Berbagai Tanda Bahwa Kamu Sudah Dewasa

Apakah kamu sudah dewasa? Tahukah tanda-tandanya? Biasanya oaring yang dikatakan sudah dewasa ketika sudah beranjak pada umur 20. Namun kata dewasa bukanlah digunakan untuk kata benda melainkan sebuah kata sifat. Oleh sebab itu, dewasa tidak bisa dinilai dengan umur. Semua akan mengarah kepada perubahan sifat dan karakter diri seseorang seiring dengan bertambahnya usia. Memang sulit untuk mengatakan atau menentukan tingkat kedewasaan pada diri sendiri dan orang lain. Karena setiap orang memiliki sifat, pemikiran, dan karakteristik masing-masing. Namun kamu jangan khawatir, meskipun tingkat kedewasaan kadang sulit untuk diukur, di bawah ini akan dijelaskan apakah kamu sudah mampu menunjukkan bahwa kamu telah dewasa?

Sifat Egois dan Keras Kepala Lambat Laun Mulai Memudar

Hal pertama yang bisa menunjukkan bahwa kamu telah dewasa adalah keegoisan dan sifat keras kepalamu yang lambat laun mulai memudar. Memang seseorang yang sudah berfikir dewasa mulai mengerti arti mengalah, bisa menyesuaikan antara kepentingan pribadi dan kepentingan bersama. Dengan begitu, kamu bisa menempatkan kepentingan pribadi dan kepentingan kelompok secara bijaksana.

Memahami dan Mulai Mencerna Nasihat Orang Tua

Pastinya pada masa remaja kamu merasa terkekang, bosan dan, risih karena sering mendapat larangan, nasihat, dan omelan setiap hari dari orang tuamu. Namun, berbeda pada saat kamu sudah menginjak dewasa. Saat kedewasaan itu tiba, kamu akan paham bahwa larangan-larangan yang selama ini diberikan orang tua kepadamu tidak lain merupakan bentuk kasih sayangnya. Ketika kamu Dengan begitu, kamu lebih sering mengucapkan terima kasih atas kasih sayang dalam bentuk nasihat tersebut.

Mampu Bertanggungjawab Mengatur Keuangan Sendiri

Ketika kamu sudah menginjak dewasa, kamu akan tau bahwa mengatur keuangan adalah suatu masalah yang cukup serius.  Kamu juga akan tau dan sadar bahwa mencari uang bukanlah hal yang mudah. Pasti kamu juga akan mulai merasa malu untuk meminta uang jajan kepada orang tua.  Sehingga kamu akan mulai berfikir untuk mencari kerja atau melakukan upaya dan berusaha sendiri bagaimana cara mendapatkan uang. Pastinya dalam segala kebutuhan, kamu akan lebih bijak dalam mengatur dan mempertanggungjawabkan setiap pemasukan dan pengeluaran.

Baca Juga: Ada Konflik Keluarga? Ini Dia Cara Penyelesaiannya!

Punya Perencanaan Masa Depan

Salah satu tanda bahwa kamu telah menginjak masa dewasa adalah kamu mulai berfikir bagaimana masa depan yang ingin kamu tempuh. Tidak hanya itu, kamu sudah mulai mempersiapkan perencanaan yang matang. Entah itu dalam segi pendidikan, karier, pekerjaan, bisnis bahkan dalam menentukan pasangan hidup dan lainnya. Dengan demikian, hidup kamu akan lebih tertata dan terarah karena kamu telah menentukan serta merencanakan target. Kamu juga akan memikirkan bagaimana cara yang harus dilakukan untuk mewujudkan dan mencapai beberapa hal yang ingin dilakukan untuk masa depan.

Mampu mengendalikan emosi dengan baik

Hal terakhir yang menunjukkan bahwa kamu sudah termasuk dalam kriteria sudah dewasa adalah bahwa kamu mampu mengendalikan emosi. Dengan demikian, kamu bisa menyikapi atau memberi pendapat dalam suatu masalah dengan berfikir lebih jernih dan logis. Secara sederhananya kamu tidak akan mudah marah lagi. Menyikapi dan memahami suatu masalah dengan berfikir lebih kritis, barulah kemudian menanggapinya dengan penuh kesabaran.

Untuk kamu yang saat ini sedang galau atau memiliki masalah kehidupan terkait dengan psikologi, #tanyakakrani. Hubungi kontak person Kak Rani (Maharani K., M. Psi), Psikolog Klinis Dewasa dan Anak yang sangat professional. Kamu akan mendapatkan berbagai jawaban dan solusi atas semua kegundahan yang sedang kamu rasakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here